Beredar Foto Menghina Raja Malaysia, Kemlu Lakukan Investigasi

Sabtu, 02 Januari 2021 - 11:13 WIB
loading...
Beredar Foto Menghina Raja Malaysia, Kemlu Lakukan Investigasi
Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Warganet dihebohkan dengan unggahan pemilik akun Instagram @bukan_bangjago yang diduga menghina Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Berdasarkan pengamatan Okezone, akun Instagram @bukan_bangjago mengunggah foto Raja Malaysia yang sudah diedit sedemikian rupa secara tidak pantas dan nampak menghina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, sudah memberikan laporan awal atas hal ini.

Saat ini, kata Faizasyah, pihaknya sedang melakukan investigasi pemilik akun yang diduga menghina Raja Malaysia tersebut. Ia juga belum tahu keberadaan pemilik akun @bukan_bangjago itu.

( ).

"KBRI KL (Kuala Lumpur-red) sudah memberikan laporan awal atas kejadian ini dan saat ini sedang diinvestigasi. Saya tidak tahu (keberadaan terduga pelaku)," ucapnya saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (2/1/2021).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kanada itu menyebut, hubungan dan komunikasi pemerintah Indonesia dan Malaysia terjalin dengan baik. Hanya saja, dengan unggahan macam ini, akan mengganggu hubungan antarmasyarakat.

( ).

"Hubungan dan komunikasi antar pemerintah telah berjalan dengan baik. Hubungan antar masyarakat yang rentan terganggu apabila ada perilaku tidak terpuji serupa ini," tutur Faizasyah.

Ia mengimbau masyarakat menghindari perilaku tidak terpuji yang dampaknya bisa mengganggu hubungan baik antar kedua negara. Faizasyah juga mengingatkan setiap pelanggaran hukum ada sanksinya.

"Yang terbaik sebenarnya adalah menghindari diri dari tindakan tidak terpuji dan tidak mudah terprovokasi. Bila terbukti melanggar hukum bisa dikenakan sanksi," tutupnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)