Ingin Pariwisata Cepat Pulih, Sandiaga Tekankan Protokol CHSE

Rabu, 30 Desember 2020 - 21:00 WIB
loading...
Ingin Pariwisata Cepat Pulih, Sandiaga Tekankan Protokol CHSE
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan, pentingnya penerapan adaptasi kebiasaan baru dengan memenuhi protokol CHSE. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menyatakan, pentingnya penerapan adaptasi kebiasaan baru dengan memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau memenuhi dari segi Kebersinan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (K4).

(Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Antisipasi Virus Baru untuk Wisata Indonesia)

Menurutnya, penerapan protokol CHSE akan menjadi kunci kebangkitan sektor pariwisata di Tanah Air. "Dengan penerapan protokol CHSE dan adanya vaksinasi dari pemerintah diharapkan sektor pariwisata akan segera bangkit lagi," kata Sandiaga , Rabu (30/12/2020)

(Baca juga: Resep Menjaga Imunitas ala Menparekraf Sandiaga Uno, Infused Water Buatan Istri)

Sandi menilai, penerapan CHSE yang ketat akan meningkatkan kepercayaan wisatawan. Terlebih, pemerintah akan menutup akses masuk ke Indonesia bagi Warga Negara Asing (WNA). Nantinya penutupan ini akan berlangsung selama dua pekan terhitung sejak 1 Januari 2021.

(Baca juga: Sandiaga Lakukan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi Bangkitkan Parekraf)

Politikus Partai Gerindra ini mengungkapkan, keputusan pemerintah untuk menutup pintu masuk bagi WNA adalah untuk menghindari penyebaran virus Corona (Covid-19) dari wisatawan mancanegara. Apalagi, baru-baru ini muncul virus Corona dengan varian baru.

"Tentunya karena varian dari Covid-19 ini kita sangat perhatikan agar jangan sampai menjadi lonjakan kasus," ucap Sandi.

Sambil menunggu pandemi ini berakhir dan juga pintu untuk wisatawan mancanegara kembali dibuka, penerapan CHSE dan jumlah kunjungan wisatawan domestik akan ditingkatkan.

"Harapan kita bahwa bermitra dengan maskapai penerbangan, kita bisa meningkatkan wisatawan domestik. Karena tumpuan kita hanya wisatawan domestik di tahun 2021," jelas Sandi.

Untuk mendorong wisatawan domestik, lanjut Sandi, pihaknya telah berkomunikasi dengan para perusahaan penerbangan (INACA) untuk melakukan pengetatan protokol kesehatan. Karena menurutnya, aspek kesehatan menjadi salah satu yang harus diutamakan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

"Kita baru saja berkomunikasi dengan INACA yang juga dalam koordinasi KADIN dan kita sepakat untuk menyamakan persepsi. Karena kan yang kita dahulukan adalah aspek kesehatan dan maskapai penerbangan ini adalah mitra kita, agar standar penerapan protokol kesehatan itu ketat dan disiplin itu selaras sehingga tidak ada tumpang tindih dan tidak ada kerancuan," tutup Sandi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)