Mahfud Sebut KPK Era Firli Lebih Baik Ketimbang Era Agus Rahardjo

Senin, 28 Desember 2020 - 03:37 WIB
loading...
Mahfud Sebut KPK Era Firli Lebih Baik Ketimbang Era Agus Rahardjo
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banyak pihak menuding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri Cs dianggap lemah dalam memberantas para koruptor. Namun hal itupun ditepis oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD.

Awal mula, Mahfud bercerita jika KPK lemah pasti pemeritah yang disalahkan. Padahal kata Mahfud KPK lembaga yang independen. Namun, Mahfud mengungkapkan, KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri Cs di tahun pertama bekerja lebih baik ketimbang zaman Agus Rahardjo Cs.

"KPK dianggap lemah lalu pemerintah lagi yang dituding, padahal kita sudah mengatakan KPK itu independen. Meskipun sebenarnya suadara, kalau mau kita objektif tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya juga lebih banyak sekarang prestasinya," kata Mahfud dalam diskusi bertajuk Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya, secara virtual, Minggu 27 Desember 2020.

Menurut Mahfud, KPK era Agus Rahardjo ditahun pertama bekerja tidak bisa berbuat apa-apa dibanding KPK di era Firli Bahuri. ( )

"Kita ingat Agus Rahardjo menjadi ketua KPK pertama bersama Saut dan sebagainya itu tahun pertama gabisa berbuat apa-apa. Ini sekarang setahun sudah bisa berani menangkap menteri DPR, DPRD, Bupati, Wali Kota juga ditangkepin juga udah lebih banyak saat ini sebenarnya," katanya.

Namun, jika memang masyarakat melihat kinerja KPK saat ini jelek pemeritah tetap tidak bertanggungjawab penuh. Karena KPK merupakan lembaga yang independen di dalam rumpun eksekutif.

"Tapi tarolah itu dikira jelek, dibilang jelek itukan KPK sendiri kita sudah mengatakan KPK itu adalah lembga di dalam rumpun eksekutif tetapi bukan bagian dari lembaga eksekutif seperti KPU juga, Komnas HAM itukan rumpunnya eksekutif tapi bukn bagian aapalgi bawahan eksekutif," ungkapnya. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)