Duet Ganjar-Sandi Berpeluang Maju Pilpres 2024, Puan Ketua MPR

Kamis, 24 Desember 2020 - 09:51 WIB
loading...
Duet Ganjar-Sandi Berpeluang Maju Pilpres 2024, Puan Ketua MPR
Masuknya Sandiaga Uno ke Kabinet Indonesia Maju membuka peluang yang bersangkutan untuk maju Pilpres 2024. Bisa jadi, duet Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno bakal terwujud. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuknya Sandiaga Uno ke Kabinet Indonesia Maju membuka peluang yang bersangkutan untuk maju Pilpres 2024 . Bisa jadi, duet Ganjar Pranowo -Sandiaga Uno bakal terwujud.

(Baca juga : Jokowi Tunjuk Wamentan dari Kalangan NU, Ini Alasannya )

Menurut ahli hukum tata negara Refly Harun, bukan tanpa alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merekrut Sandiaga Salahuddin Uno menjadi menteri. "Pasti kaitannya dengan pasang kuda-kuda di 2024," kata Refly dikutip SINDOnews, Kamis (24/12/2020), dari video berjudul SANDI DIREKRUT ISTANA, PENDUKUNG JOKOWI KECEWA!! yang tayang di Channel YouTube Refly Harun.

Refly mengatakan, Sandiaga Salahuddin Uno masuk Kabinet tentu untuk mengikat Partai Gerindra . "Kalau misalnya firm Prabowo nomor satu elektabilitasnya, maka mau tidak mau barangkali Megawati akan memasangkannya dengan Puan Maharani sebagai calon wakil presiden. Tapi,kalau misalnya Prabowo tidak nomor satu, bahkan dia di bawah Ganjar Pranowo, maka sangat mungkin Ganjar Pranowo yang diajukan sebagai calon presiden, dan kita tahu nanti wakil presidennya sangat mungkin Sandiaga Salahuddin Uno ," jelasnya.

( ).

Lalu, bagaimana nasib Puan Maharani yang juga disebut-sebut akan dimajukan dalam Pilpres 2024? Kata Refly, Puan dicadangkan untuk periode berikutnya. Puan, menurut Refly, mungkin akan jadi Ketua MPR RI. "Sekarang Ketua DPR, nanti Ketua MPR," ujarnya.

Sandi Uno, lanjut Refly, juga memiliki kepentingan setelah menerima tawaran masuk Kabinet Indonesia Maju. Dengan menjadi menteri, Sandi memiliki sebuah wahana atau kendaraan untuk tetap on fire. "Kalau dia tidak menjadi pejabat publik, maka dia tidak akan mendapatkan sorotan kamera. Tapi dengan menjadi pejabat publik, dia akan mendapatkan sorotan kamera," ujarnya.

Refly juga menilai Sandiaga Uno bukan sosok yang ambisius sekali untuk jadi calon presiden atau calon wapres. "Kondisi seperti ini nyaman dan aman bagi PDIP. Tapi kalau Prabowo Subianto pasti mengambil posisi capres," ujarnya.

( ).

Meskipun nanti Sandiaga Uno tidak menjadi cawapres, bisa jadi mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu akan menjadi Menko Perekonomian.

(Baca juga : KPK Imbau Menteri dan Wamen Baru Segera Lapor Harta Kekayaannya )

Sementara, jika Sandi tetap berada di luar pemerintahan saat ini dan mewakili mereka yang anti-Jokowi, bisa jadi Sandi tetap berada di bawah bayang-bayang Anies Baswedan . Karena itu, dengan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju, Sandi memelihara peluangnya di 2024.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)