Di Tengah Pandemi, Jangan Sampai Kuota Habis Saat Libur Panjang

Sabtu, 19 Desember 2020 - 08:32 WIB
loading...
Di Tengah Pandemi, Jangan Sampai Kuota Habis Saat Libur Panjang
Pada akhir Desember 2020 akan ada kembali libur panjang bertepatan dengan libur nasional Hari Raya Natal pada 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada akhir Desember 2020 akan ada kembali masa libur panjang bertepatan dengan libur nasional Hari Raya Natal pada 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021. Selain itu, sebelumnya pemerintah menetapkan cuti bersama Natal pada 24 Desember 2020.

(Baca juga: Waspadai, Libur Panjang Picu Lonjakan Kasus Positif Covid-19)

Kemudian ada juga cuti bersama Lebaran yang digeser ke bulan Desember tahun ini yakni pada 28, 29, 30, dan 31 Desember 2020. Akan tetapi, apabila kenaikan kasus signifikan, maka Satgas akan merekomendasikan untuk memperpendek libur panjang ataupun meniadakannya.

(Baca juga: Pemerintah Putuskan Pangkas Libur Akhir Tahun)

"Apabila kasusnya meningkat seperti pada periode Agustus dan September yang lalu, tentu rekomendasinya adalah libur panjang diperpendek atau ditiadakan sama sekali," ucap Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Dalam merespons libur panjang ini, sepertinya kuota internet di ponsel sudah menjadi kebutuhan dalam hidup. Karenanya untuk mengantisipasi habis atau menghemat kuota internet saat libur panjang nanti, ini perlu disiasati.

(Baca juga: Libur Panjang Masyarakat Harus Disiplin 3M)

Walaupun sekarang berbagai provider sudah menyediakan paket internet dengan kuota khusus untuk sosial media seperti paket internet 3 Always On (AON), Indosat Freedom U, FB & IG Package dari Telkomsel, dll, penggunaan kuota ini juga tetap harus diperhatikan supaya lebih efektif.

Pertama aktifkan fitur cellular data pada aplikasi instagram. Instagram telah menyediakan fitur yang dapat digunakan oleh penggunannya agar tidak terlalu boros kuota sehingga mampu menekan konsumsi data pada aplikasi Instagram secara signifikan.

Simpel, fitur ini bisa diaktifkan dengan cara mengetuk ikon profil, lalu pilih ikon tiga baris horizontal, dan pilih Settings. Setelah itu, scroll ke bawah hingga terlihat opsi Cellular Data Use. Setelah itu, ketuk opsi Use Less Data agar fitur hemat data Instagram ini menjadi aktif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)