Pandemi Covid-19 Ancaman Nirmiliter, Pelibatan TNI Dinilai Tepat

Jum'at, 18 Desember 2020 - 09:00 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Ancaman Nirmiliter, Pelibatan TNI Dinilai Tepat
Pelibatan TNI dalam program vaksinasi Covid-19 secara nasional dinilai tepat karena pandemi ini merupakan ancaman nirmiliter. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah melibatkan TNI dalam vaksinasi Covid-19 nasional. Tidak sedikit kritik diutarakan masyarakat soal pelibatan TNI dalam program tersebut. Tetapi pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati menilai dukungan dan keterlibatan TNI dalam penyelenggaraan vaksinasi nasional justru patut diapresiasi.

"TNI sudah dari awal terlibat dalam penanganan Covid-19 yang termasuk dalam OMSP, (operasi militer selain perang)," kata Susaningtyas saat dihubungi SINDOnews, Jumat

(Baca: TNI Dukung Program Pelaksanaan Vaksinasi Nasional yang Dicanangkan Jokowi)

Nuning, sapaan akrabnya mengatakan, saat ini kita menghadapi wabah Covid-19 yang merupakan ancaman nirmiliter. Karenanya, ia melihat ancaman nirmiliter berbeda dengan ancaman militer dan ancaman nonmiliter lainnya.

Menurutnya, ketiga ancaman ini dikenal sebagai ancaman hibrida dan telah merubah perspektif ancaman di masa mendatang. Maka itu, pelaksanaan vaksin harus melibatkan semua bidang, termasuk kalangan TNI.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

"Hal penting yang harus dilakukan pemerintah adalah membangun sistem dan strategi vaksinasi bagi seluruh rakyat Indonesia, agar dapat menghindari problem pada akurasi data warga yang telah dan belum divaksinasi," ujar mantan anggota Komisi I DPR ini.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)