Mundurnya Loyalis Amien Rais Jadi Warning bagi Nasib PAN

Rabu, 13 Mei 2020 - 12:31 WIB
loading...
Mundurnya Loyalis Amien Rais Jadi Warning bagi Nasib PAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan pendiri PAN Amien Rais. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mundurnya loyalis Amien Rais dinilai menjadi warning atau peringatan bagi nasib Partai Amanat Nasional (PAN) ke depan. Seharusnya PAN mengonsolidasikan kekuatan.

Diketahui, Ahmad Hanafi Rais menyatakan mundur dari jabatan kepengurusan PAN periode 2020-2025, Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR periode 2019-2024. Kemudian, Ketua DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nazaruddin menyatakan sudah tidak minat lagi menjadi pengurus partai. Terkait hal itu, Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam membeberkan analisanya.

"Sikap ketua PAN DIY ini mengikuti langkah Hanafi Rais yang telah mengajukan mundur dari PAN," ujar Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Rabu (13/5/2020).

Arif mengatakan, Nazaruddin dan Hanafi Rais sama-sama pendukung Mulfachri Harahap di Kongres V PAN di Kendari beberapa waktu lalu. Artinya, kata dia, memang sejak awal beda faksi dan pandangan politik dengan kubu Zulkifli Hasan yang sejak awal ada sinyal untuk merapat ke pemerintah.

"Mundurnya loyalis Amien Rais termasuk Ketua PAN DIY tentu menjadi warning bagaimana nasib PAN ke depan. Apakah masih bisa eksis lolos Parliamentary Threshold (PT) justru akan terpuruk? Ini tantangan bagi PAN untuk mengonsolidasikan kekuatan pascakongres," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)