Faktor Ketua Umum Dinilai Kunci Kemenangan Golkar di Pilkada

Minggu, 13 Desember 2020 - 09:16 WIB
loading...
Faktor Ketua Umum Dinilai Kunci Kemenangan Golkar di Pilkada
Kemenangan Partai Golkar di 165 daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 disebabkan beberapa hal. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemenangan Partai Golkar di 165 daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020 disebabkan beberapa hal. Ahli komunikasi politik, Emrus Sihombing, menyebut salah satu faktor yakni Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto yang jeli memilih kandidat di Pilkada 2020.

(Baca juga: Golkar Klaim Menangkan 165 Daerah di Pilkada Serentak 2020)

"Kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang smart dan jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh," ujar Emrus, Minggu (13/12/2020).

(Baca juga: Golkar Dinilai Mampu Memainkan Seni Politik Positif di Pilkada 2020)

Menurut dia, Airlangga juga mumpuni melakukan supervisi dan mengevaluasi program kandidat. Sehingga program tersebut cocok diimplementasikan di masing-masing daerah.

Selain itu, Emrus juga melihat variabel pendukung dari kandidat yang diusung Golkar. Antara lain, popularitas, aseptabilitas, kapabilitas dan daya tarik. Kemudian, kandidat memiliki komunikasi yang persuasif, matang dalam berpolitik, dan diterima masyarakat di daerah pemilihan.

"Ini dilakukan Partai Golkar dan para kader untuk memenangkan Pilkada 2020 yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari Ilmu Komuniksi Politik," kata dia.

Emrus menyebut, Golkar bisa menjadi contoh dalam kontestasi politik. Khususnya sebagai model dalam kontestasi pemilu yang akan datang. "Dan tidak berlebihan jika menjadi rujukan bagi partai lain di Indonesia," kata Emrus.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)