Live! Prime Show di iNews dan RCTI+ Kamis Pukul 20.00: Tugas Berat Pemimpin Baru

Kamis, 10 Desember 2020 - 15:33 WIB
loading...
Live! Prime Show di iNews dan RCTI+ Kamis Pukul 20.00: Tugas Berat Pemimpin Baru
Pilkada serentak telah digelar. Lembar suara masih terus dihitung. Jika melihat hasil hitung cepat, kandidat pemenang sudah terang. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pilkada serentak 2020 telah digelar. Lembar suara masih terus dihitung. Jika melihat hasil hitung cepat , kandidat pemenang sudah terang.

Ada yang kembali mempertahankan tahta, ada juga wajah baru yang siap berkuasa. Pilkada serentak di 270 daerah berlangsung dengan penerapan protokol Covid-19. Harapan baru menderu, siap-siaplah para pemimpin baru.

Tugas pertama pemimpin baru ini adalah pandemi yang belum berkesudahan diiringi berlapis problematika warga, mulai dari sistem birokrasi, ekonomi, kesejahteraan sosial, dan lain sebagainya. Selain penanganan Covid-19 yang menjadi prioritas utama, tugas memulihkan ekonomi akibat pandemi juga harus dijalankan secara beriringan. (Baca juga: Menang Quick Count, Gibran dan Bobby Harus Bisa Buktikan ke Publik)

Di saat yang sama, para kepala daerah harus menghadapi kenyataan. Jika dilihat dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), hingga Oktober 2020, pendapatan asli daerah (PAD) hanya Rp194,36 triliun. Angka ini turun 14,58%, jika dibandingkan dengan Oktober 2019.

Kondisi ini disebabkan oleh penurunan pajak yang berkaitan dengan mobilitas dan konsumsi warga, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Eksekusi untuk belanja pun terkesan lebih lambat dari pemerintah pusat. (Baca juga: Golkar Klaim Menangkan 165 Daerah di Pilkada Serentak 2020)

Untuk program-program dukungan ekonomi hanya 14,3% yang terealisasi, dari alokasi anggaran sebesar Rp19,24 triliun. Pemerintah daerah pun diminta bergerak lebih dan tidak bergantung pada program-program pemerintah pusat. Selamat datang dan selamat bertugas pemimpin baru.

Program “Prime Show” minggu ini akan membahas hal ini secara tuntas bersama narasumber yaitu Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik. Saksikan selengkapnya ”Prime Show” bersama Tommy Tjokro yang akan mengangkat tema "Tugas Berat Pemimpin Baru", Kamis 10 Desember 2020, pukul 20.00 WIB secara langsung hanya di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews, aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)