Ganjar Puncaki Survei Calon Presiden 2024 karena Minim Pemberitaan Buruk

Selasa, 08 Desember 2020 - 20:09 WIB
loading...
Ganjar Puncaki Survei Calon Presiden 2024 karena Minim Pemberitaan Buruk
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih menjadi jawara dan memuncaki deretan tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi di sejumlah lembaga survei. Dalam survei Litbang SINDO Media yang dilakukan secara online, Ganjar pun masih menempati posisi puncak Calon Presiden 2024 .

Menanggapi hasil survei tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyatakan, dua hal menjadi pertimbangan kenapa posisi Ganjar Pranowo tak pernah bergeser. Pertama,populasi pemilih didominasi kelompok Jawa. Ganjar adalah representasi tokoh Jawa untuk saat ini.

"Kedua, citra ketokohan Ganjar yang stabil, kepemimpinannya di Jateng menguntungkan dari sisi popularitas, tetapi minim pemberitaan buruk," tutur Dedi saat dihubungi SINDOnews, Selasa (8/12/2020).

Dedi menganggap, posisi Ganjar akan tetap aman di posisi puncak dalam beberapa bulan ke depan, dengan ketentuan tak ada celah negatif. Menurut dia, hal ini justru berbeda dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berada di pusaran konflik politik, sehingga popularitas Anies membaur dengan citra yang sering bertendensi buruk dari haters.

Menurutnya, lebih mengkhawatirkan lagi adalah kondisi yang dialami Prabowo Subianto . Seharusnya, ketua umum Partai Gerindra ia memiliki momentum 'come back' di 2024, tapi cenderung tersungkur karena antiklimaks dalam beroposisi.

( ).

Hal ini ditambah dengan tercedarainya nama baik Gerindra karena kasus korupsi yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) yang juga kader Gerindra, Edhy Prabowo. "Kondisi ini akan membuat tren Prabowo menurun, dan imbasnya pemilih berusaha mencari alternatif tokoh, tentu Ganjar mendapat imbas itu," pungkas dia.
Ganjar Puncaki Survei Calon Presiden 2024 karena Minim Pemberitaan Buruk

Diketahui, dalam hasil survei online yang diadakan oleh Litbang SINDO Media sejak 24 November 2020, tampak deretan tokoh nasional masuk dalam bursa Calon Presiden (Capres) 2024 . Dari hasil survei per 8 Desember 2020, posisi puncak ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . Pria kelahiran Karanganyar ini dijagokan oleh 51% responden. ( ).

Di posisi kedua, muncul pula nama pemimpin daerahnya lainnya, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . Anies dipilih oleh 21% responden dari total 1.108 responden yang terjaring hingga Selasa, (8/12/2020). Pada posisi ketiga, ada dua nama dengan perolehan skor yang sama, yaitu 5%. Masing-masing adalah Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan serta tokoh politik muda yang tengah bersinar Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)