Kinerja DPR di Masa Pandemi Terbantu E-Parlemen

Rabu, 02 Desember 2020 - 20:37 WIB
loading...
Kinerja DPR di Masa Pandemi Terbantu E-Parlemen
Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin mengungkapkan E-Parlemen membuat DPR RI menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel, serta tetap produktif pada masa pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin mengungkapkan E-Parlemen membuat DPR RI menjadi modern dan kinerjanya lebih akuntabel, serta tetap produktif pada masa pandemi COVID-19 . Azis membeberkan pentingnya E-Parlemen dalam mendukung kinerja DPR RI.

“E-Parlemen memang untuk meningkatkan akuntabilitas DPR RI, untuk efektivitas dan efisiensi kinerja Parlemen Indonesia yang modern,” ujar Azis kepada wartawan, Rabu (2/12/2020). (Baca juga: DPR Harap Kerawanan Pilkada Papua Mampu Diredam)

Dia menuturkan penerapan E-Parlemen juga menunjang produktivitas DPR RI pada masa pandemi COVID-19. Berbagai agenda rapat dan sidang-sidang di DPR RI kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian baru dan lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang disiarkan langsung di laman resmi DPR.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan DPR RI secara bertahap akan menerapkan digitalisasi semua materi rapat dan persidangan. Hal tersebut akan memberi manfaat pada kecepatan dan keterbukaan informasi yang diakses anggota DPR RI, pemerintah dan mitra kerja, serta masyarakat.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

“Arahnya ke digitalisasi. Ada penghematan dan mengurangi penggunaan kertas, lebih ramah lingkungan, dan lebih mendekatkan masyarakat dengan wakil-wakilnya,” tuturnya.

Dia melanjutkan, dengan E-Parlemen semua bisa akses informasi tentang apa yang dibahas dan dikerjakan DPR RI dan bisa langsung memberikan masukan. "Jadi semuanya bisa lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan,” kata Legislator dari daerah pemilihan Lampung II tersebut. (Baca juga:DPR Pertimbangkan Penerapan Dwi Kewarganegaraan di Indonesia)

Selain itu, Azis menilai E-Parlemen juga penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan produktivitas. “E-Parlemen ini sekaligus mengedukasi kita semua untuk tidak kaku kepada teknologi yang merupakan tuntutan zaman,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)