Deretan Nama Calon Dubes, Ada Eks Pemred Metro TV dan Politikus Golkar

Senin, 11 Mei 2020 - 16:06 WIB
loading...
Deretan Nama Calon Dubes, Ada Eks Pemred Metro TV dan Politikus Golkar
Komisi I DPR menerima daftar nama calon duta besar luar negeri dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk negara sahabat yang diajukan Presiden Joko Widodo. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR telah menerima daftar nama calon duta besar (Dubes) luar negeri dan berkuasa penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk negara sahabat yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada 31 nama dalam daftar berdasarkan Surat Presiden Nomor : R-15/Pres/03/2020, tanggal 19 Maret 2020bperihal Permohonan Pertimbangan bagi Calon Duta Besar LBBP RI untuk Negara Sahabat.

Hal tersebut dibenarkan sejumlah anggota DPR di Komisi I. "Sudah," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera PKS) Abdul Kharis Almasyhari kepada SINDOnews saat ditanya apakah Komisi I DPR sudah menerima daftar nama calon Dubes tersebut, Senin (11/5/2020).

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon. "Ya. Calon Dubes yang diusulkan Presiden," kata Effendi Simbolon dikonfirmasi terpisah.( )

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Christina Aryani mengungkapkan bahwa uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) para calon Dubes itu bakal digelar setelah masa reses DPR nanti. "Baru disampaikan akan ada fit and proper dubes setelah reses," kata Christina.

Dari 31 nama yang diajukan ada nama mantan Pemimpin Redaksi (Pemred) Metro TV Suryopratomo yang menjadi calon Dubes Singapura.

Adapula nama politikus Partai Golkar Roem Kono, calon Dubes Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo

Ada juga nama Desra Percaya, mantan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri yang dicalokan menjadi Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), bekedudukan di London.

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi juga diproyeksikan sebagai calon Dubes LBBP RI untuk Amerika Serikat, berkedudukan di Washington DC.

Berikut 31 nama calon Dubes LBBP RI:

1. Chalief Akbar Tjandraningrat, calon Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkududukan di Alger
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)