SB dan HR Bisa Memagari Kader PAN Tak Lompat Pagar ke Partai Baru Amien Rais

Senin, 11 Mei 2020 - 11:00 WIB
loading...
SB dan HR Bisa Memagari Kader PAN Tak Lompat Pagar ke Partai Baru Amien Rais
Zulkifli Hasan dan para pengurus PAN. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menganggap, belum ada alat ukur yang bisa dijadikan rujukan seberapa kuat pengaruh Amien Rais bisa menarik gerbong Partai Amanat Nasional (PAN) jika nantinya Amien membentuk partai baru.

Menurut Adi, komposisi PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan banyak dipenuhi figur sentral yang selama ini hilang dari peredaran dan pentas politik nasional. Misalnya 'duo' mantan ketua umum PAN Soetrisno Bachir (SB) dan Hatta Rajasa (HR) yang comeback jadi pengurus inti.

"Dua sosok yang punya penetrasi kuat yang bisa memagari kader PAN tak lompat pagar," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/5/2020).

Di sisi lain, kata Adi, kader PAN dan loyalis Amien tentu sedang mengalkulasi untung rugi jika bergabung ke partai baru itu. Terutama loyalis yang saat ini jadi pengurus pusat maupun daerah, maupun mereka yang kini menjabat sebagai anggota dewan di pusat dan daerah. ( ).

Terlebih, menurut Analis Politik UIN Jakarta ini, jika di partai baru nantinya tak ada jaminan apa pun untuk eksistensi politik mereka ke depannya. "Jadi, tak bisa dilihat hitam putih semudah membalik telapak tangan melihat seberapa kuat Amien bisa menarik gerbong PAN saat ini. Karena Zulhas pun tak akan tinggal diam demi memproteksi kadernya agar tak lompat pagar," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)