PM Winston Churcill Berperan Sebarkan Hoax Wortel Bagus untuk Mata (II)

Sabtu, 14 November 2020 - 06:21 WIB
loading...
PM Winston Churcill Berperan Sebarkan Hoax Wortel Bagus untuk Mata (II)
Perdana Menteri Legendaris Winston Churchill. IST
A A A
JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Inggris Winston Churchill konon terlibat dalam menyebarkan hoax wortel bagus untuk mata. Langkah PM legendaris Inggris ini merupakan bagian strategi untuk menutupi keunggulan Angkatan Udara Inggris selama Perang Dunia II.

“Winston Churchill yangg cerdik melempar hoax "makan wortel mata jadi bagus", untuk menyembunyikan keberhasilan Inggris menggunakan radar, yang kemudian kemudian disebarluaskan oleh angkatan udara Inggris (RAF) di tahun 1940. Hitler kemakan hoax ini, dunia juga,” ujar Neurolog Dr Ryu Hasan dalan akun twitter @ryuhasan. (baca juga : Hoaks Makan Wortel Mata Jadi Bagus, Awalnya untuk Samarkan Radar Pesawat Tempur (I))

Keberhasilan hoax wortel bagus untuk mata, ini membuat Angkatan Udara Inggris begitu ditakuti di Eropa. Bahkan pilot tempur Jhon Cunningham dijuluki Si Mata Kucing, yang mampu menembus gelapnya malam. Keseluruhan cerita pilot-pilot sakti dan wortel ini adalah rekaan RAF untuk menyembunyikan "senjata rahasia" baru mereka yakni radar.
Bahkan hoax ini membuat Jerman tidak mencurigai jaringan tower radar yang dibangun berderet di sepanjang pesisir Inggris. “Nah, yang namanya “Chain House” ini lah yang memandu pilot-pilot tempur AU Inggris menentukan koordinat sasaran dengan sangat akurat. Sebetulnya pilot-pilot Luftwaffe Jerman juga lihat sih banyak rentetan “chain house” yang sebenernya Menara-menara radar ini di sepanjang pesisir Inggris,” katanya.

Selebtweet ini mengungkapkan ada benarnya wortel itu mengandung vitamin A dan itu bermanfaat bagi mata. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan karena termakan mitos makan wortel mata jadi bagus bisa menimbulkan dampak negative bagi Kesehatan. “Masalahnya ada orang yang minum perasan wortel dalam jumlah besar untuk menurunkan mata minus. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A juga berbahaya bagi Kesehatan. Bisa picu gangguan liver hingga gangguan otak,” katanya.

Pria yang akrab disapa Dokdes ini mengatakan mata hanya bagian kecil dari proses penglihatan manusia secara luas. Mata hanya terminal pertama dari proses penglihatan secara keseluruhan. Di mata cahaya masuk diterima retina lalu diteruskan saraf optic berupa data kimia dan diolah tractus opticus. Data kimia ini kemudian diteruskan melalui nucleus genecolatum dan diolah melalui radiasi optica lalu terakhir diterima cortex penghilatan di belakang bagian otak. “Data kimia ini kemudian diproses melalui memori maupun imajinasi sehingga menjadi penglihatan,” ujarnya.

Dr Ryu Hasan adalah dokter spesialis bedah syarat yang aktif di media sosial. Dokter nyentrik kelahiran Malang ini selalu ceplas-ceplos menyapa follower-nya baik di akun twitter, Instagram, atau youtube. Pria bernama asli Roslan Yusni Hasan ini kerap membongkar berbagai mitos di dunia kedokteran seperti orang yang terkena stroke harus ditusuk jarinya agar penyumbatan pembuluh darahnya bisa kembali lancar. Selain itu Ryu Hasan juga menunjukkan jika mitos seperti keberadaan Zombie juga ada faktanya.(habis)
(war)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0871 seconds (0.1#10.140)