BPIP: Meneladani Nilai-nilai Luhur Para Pahlawan

Rabu, 11 November 2020 - 09:02 WIB
loading...
BPIP: Meneladani Nilai-nilai Luhur Para Pahlawan
Romo Benny dalam acara memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020) di Jakarta.
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap 10 November, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak semua lapisan masyarakat untuk meneladani para pehlawan nasional, karena kalua dulu memegang senjata tapi sekarang harus bisa mempertahankan nilai-nilai kehidupan yang telah diajarkan para pahlawan.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo mengatakan makna pahlawan bukan lagi identik dengan memegang senjata, tetapi orang yang mempertahankan nilai-nilai dasar kehidupan berdasarkan Pancasila.

"Pahlawan mempunyai makna, dengan pribadinya rela memberikan berkorban segalanya bagi bangsa dan cita-cita bersama," ungkap Romo Benny dalam acara memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020) di Jakarta.

Lebih lanjut Romo Benny mengatakan, makna pahlawan membutuhkan makna kepahlawanan yang lebih luas dan mendalam. “Pahlawan bukan sekadar mitos melainkan mereka yang terus-menerus menemukan kreativitas dalam memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat sesuai dengan kemampuannya," jelasnya.

Ia juga mengatakan makna pahlawan tidak cukup hanya mengheningkan cipta dengan menundukkan kepala, tetapi meneladani sikap baik pahlawan mengabdi pada kemanusiaan, membela yang lemah, tertindas dan membela hak yang dirampas.

"Tentu tak cukup menghormati mereka hanya dengan mengheningkan cipta berulang-ulang tanpa mengaktualkan sikap dan perilaku hidup yang baik," tegasnya.

Pahlawan untuk masa depan adalah orang-orang yang mampu menggerakkan nilai-nilai Pancasila untuk roda ekonomi dan menumbuhkan harapan untuk mengembangkan potensi lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal serupa ditegaskan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Lian Kian. Menurutnya dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, banyak sekali pahlawan-pahlawan dari mulai masyarakat hingga Dokter atau tenaga medis.

"Perlu menjadi renungan dan kehormatan, bahwa pahlawan di masa pandemi Covid-19 ini banyak sekali, seperti dokter tenaga medis bahkan masyarakat sekalipun," tegasnya.

Kategori tersebut dinilai memiliki nilai-nilai berarti bagi Bangsa dan Negara karena berani berkorban, memiliki nilai persatuan dan kesatuan dengan cara bergotong royong.

Sementara itu dalam konteks Nation Building atau pembangunan bangsa, kategori pahlawan adalah para pejabat yang memiliki karakter yang memiliki integritas, berkeadilan dan berpihak pada masyarakat. (syarif wibowo)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)