Vaksin Covid-19 Harus Dipastikan Aman, Jangan Asal Cepat

Selasa, 10 November 2020 - 20:24 WIB
loading...
Vaksin Covid-19 Harus Dipastikan Aman, Jangan Asal Cepat
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Vaksin Covid-19 hingga saat ini masih dalam tahap uji klinis fase 3. Untuk vaksin Sinovac, uji kninis dilakukan PT Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat.

Ketua Pelaksana/Ketua Dewan Pakar BS Center Didin S Damanhuri mengatakan, penanganan kesehatan sebelum adanya vaksin tetap perlu dilakukan secara lebih optimal. Termasuk tes yang lebih banyak dan tracing serta mewajibkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin yang lebih baik.

Menurutnya, penemuan vaksin perlu dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Tentunya, dengan memperhatikan standar-standar uji klinis yang menjadi syarat aman produksi dan distribusi vaksin . "Vaksin Covid-19 perlu fokus pada kelompok rentan yakni lansia dan pasien dengan penyakit bawaan," ujar Didin S Damanhuri saat Rilis Hasil Riset BS Center: Vaksin Covid-19 dan Arah Pemulihan Ekonomi Indonesia di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

( ).

Menurut Didin, kerja sama dengan berbagai institusi dan negara lain untuk produksi vaksin Covid-19 harus terus dilakukan dan hal tersebut merupakan bentuk kerja sama yang positif.
Vaksin Covid-19 Harus Dipastikan Aman, Jangan Asal Cepat

Menurutnya, pemerintah sebelum melakukan vaksinasi massal menunggu hasil uji klinis beberapa vaksin di tahap fase 3, disarankan untuk mempelajari tingkat imunitas atau kekebalan populasi terhadap SARS-CoV-2.

( ).

"Dengan mempelajari imunitas dan kekebalan populasi bisa menjadi kunci untuk mengidentifikasi siapa yang sudah terlindung dari virus dan siapa yang memerlukan vaksin ," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)