Utamakan Kualitas Keselamatan, ISDC Mendesak Dibangun

Selasa, 10 November 2020 - 19:10 WIB
loading...
Utamakan Kualitas Keselamatan, ISDC Mendesak Dibangun
Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana. dok Sindonews
A A A

JAKARTA - Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mengatakan, pembangunan Indonesia Safety Driving Center (ISDC) mendesak dilaksanakan di berbagai Mapolda di seluruh Indonesia.

Ini penting karena merupakan implementasi amanat Undang Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UULLAJ) No. 22 Tahun 2009. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan serta membangun budaya tertib berlalu lintas.

“Kita harus benar-benar peduli terhadap peningkatan dan pengelolaan pembangunan ISDC ini. Mengingat masih tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya. Terlebih di Indonesia, ‎yang terlibat kecelakaan lalu lintas mereka yang berusia 14 tahun hingga 39 tahun, mencapai 58 persen. Faktor penyebabnya 90 persen akibat kelalaian manusia,” ujar Chryhnanda dalam rapat koordinasi peningkatan pengelolaan ISDC jajaran Korlantas Polri, di Jakarta Selasa (10/11/2020). (Baca Juga: Kemenhub Undang Stakeholder Bahas Odol dan Keselamatan Lalu Lintas)

Menurut dia, di Indonesia sekolah mengemudi yang memenuhi standar yang benar bisa dikatakan belum ada. Selain itu belum ada pula standar sekolah mengemudi dan pengujian praktek Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang memiliki standar dan akreditasi. Melihat kondisi ini, penting segera didirikan ISDC di berbagai daerah di Indonesia.

“Jangan lupa ISDC ini juga bisa ‎membantu pemerintah dalam menyiapkan wadah belajar dan berlatih bagi pengawal maupun ajudan VVIP dan VIP. Kemudian penguji SIM, instruktur sekolah mengemudi, pengemudi profesi, petugas SAR, pembinaan komunitas, wadah penyaluran hobi, laboratorium road safety, test drive, kompetisi safety riding/ driving, penyelenggaraan seminar dan pameran teknologi road safety dan tempat belajar bagi para calon pengemudi,” ungkap jenderal bintang satu itu. (Baca Juga: Polda Metro Gelar Program Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Pelajar)

Kasubdit Dikmas Korlantas Polri, Kombes Pol Arman Achdiat mengatakan rencana pembangunan ISDC mulai tahun 2021 akan dilaksanakan di 15 Mapolda yakni, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Daerah Istimewa Aceh, Gorontalo, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan.

Kemudian Polda Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Papua Barat. “Korlantas Polri siap mendukung secara penuh rencana pembangunan ISDC tersebut. ISDC dibangun juga untuk masyarakat, jadi siapapun dapat berlatih di ISDC,” katanya.
Fasilitas yang tersedia tidak hanya untuk roda empat, roda dua bahkan kendaraan besar pun bisa berlatih mengemudi di sini. ISDC merupakan pusat belajar, berlatih, penelitian dan pengembangan keselamatan mengemudi dan mengendarai kendaraan bermotor serta perilakunya. (Baca Juga: Polrestro Depok Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan COVID-19)

"Ini adalah wujud kepekaan dan kepedulian kami dalam mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau kamseltibcarlantas," ujar Arman.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)