Masa Sidang II, DPR Tetap Fokus Penanggulangan Pandemi dan Dampak Covid-19

Selasa, 10 November 2020 - 01:15 WIB
loading...
Masa Sidang II, DPR Tetap Fokus Penanggulangan Pandemi dan Dampak Covid-19
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Indonesia masih dihadapkan pada situsi ketidakpastian penuntasan pandemi Covid-19. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Indonesia masih dihadapkan pada situsi ketidakpastian penuntasan p andemi Covid-19. Untuk itu, berbagai upaya, kebijakan, program, maupun kegiatan dari seluruh komponen bangsa terus dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampaknya.

"Saat ini, semua upaya terbaik perlu terus dilakukan, baik melalui kebijakan program, dan kegiatan untuk melindungi rakyat dari aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata Puan dalam pidato pembukaannya di Rapat Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/11/2020). (Baca juga: RI akan Dorong Agenda Penanganan Pandemi dalam KTT ASEAN)

"DPR RI, pada masa Persidangan II Tahun Sidang 2020-2021, yang juga berada dalam situasi pandemi Covid-19, tetap memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan tugas konstitusionalnya melalui mekanisme kerja dan upaya-upaya terbaik sehingga tetap memenuhi ketentuan perundang-undangan dan amanat kedaulatan rakyat," sambungnya.

Puan melanjutkan, dalam pelaksanaan fungsi anggaran sesuai siklus dan mekanisme APBN, pembahasan, dan penetapan RUU APBN 2021 menjadi UU APBN 2021 telah selesai dilaksanakan. ( Baca juga: Airlangga Sebut Resesi RI Paling Baik se-ASEAN )

Saat ini sedang dilakukan proses penyusunan DIPA 2021 yang menjadi kewenangan pemerintah sesuai dengan amanat UU APBN 2021. Pemerintah harus emastikan APBN dilaksnakan secara efisien dan memberikan manfaat yang efektif bagi peningkatan kesejahtetaan rakyat.

"APBN 2021 dirancang selain untuk penanganan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19, juga berisikan program reformasi di berbagai bidang dalam mempersiapkan fondasi yang kokoh untuk mempercepat kemajuan Indonesia," terang Puan.

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, DPR RI akan tetap memberikan atensi pada penanganan pandemi Covid-19 di berbagai bidang dan sektor.

"Komisi-komisi terkait akan memastikan bahwa regulasi, kinerja kelembagaan, kinerja program, mitigasi bencana, serta pengelolaan dana penanggulangan pandemi Covid-19 berjalan secara efektif, tepat sasaran, dan akuntabel," pungkasnya.*kiswondari
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)