Kabaharkam Polri Pantau Babak Akhir Lomba Kampung Sehat NTB

Minggu, 08 November 2020 - 20:44 WIB
loading...
Kabaharkam Polri Pantau Babak Akhir Lomba Kampung Sehat NTB
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto bersama Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal melakukan panen ikan saat mengunjungi Desa Kembang Kuning di Lombok Timur (Lotim) yang masuk nominasi juara Lomba Kampung Sehat NTB. foto/m yamin
A A A


MATARAM - Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB) akan berakhir besok. Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mewakili Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meninjau penilaian akhir desa yang akan dinobatkan sebagai juara lomba serta mengunjungi sirkuit di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah (Loteng).Salah satu desa yang masuk nominasi juara Lomba Kampung Sehat NTB adalah Desa Kembang Kuning yang terletak di Lombok Timur (Lotim). Agus berkunjung ke desa tersebut didampingi Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal.

"Besok adalah babak akhir Lomba Kampung Sehat NTB, dimana Bapak Kabaharkam mewakili Bapak Kapolri untuk menyaksikan babak akhir lomba ini. Sebagaimana diketahui cikal bakal dari Lomba Kampung Sehat NTB adalah program khusus Bapak Kapolri dan Bapak Panglima TNI dalam rangka penanganan COVID-19 di bidang kesehatan, keamanan dan ekonomi, yaitu Kampung Tangguh Nusantara," jelas Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dalam keterangannya, Minggu (8/11/2020). (Baca Juga: 6 Desa Bersaing Dibabak Final Lomba Kampung Sehat NTB)

Artanto menerangkan filosofi dari nama kampung sehat sendiri adalah kampung Steril, Ekonomi produktif, Harmonis, Asri dan Tanggung. Lomba ini berlangsung sejak 19 Juni lalu dan diikuti oleh 7.024 desa."Baik unsur TNI maupun Polri menggenjot kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, mandiri secara ekonomi dan peduli satu sama lain di tengah situasi pandemi. Salah satu upaya dan strategi kami adalah lewat lomba ini. Setelah berjalan selama 5 bulan kurang, lomba yang pelaksanaannya bukan hanya melibatkan masyarakat, tapi juga unsur pemerintah daerah, TNI-Polri setempat memberikan dampak positif yang signifikan," ungkapnya. (Baca Juga: Lomba Kampung Sehat Berbuah Manis, Mataram Hampir Keluar dari Zona Merah Corona)

Artanto menyampaikan Lomba Kampung Sehat NTB terbukti menjadi momentum bagi semua unsur di NTB membuktikan kekompakan, kebersamaan dan kemampuan yang dimiliki lingkungan tempat tinggalnya masing-maisng. "Gairah untuk tetap sehat dan tetap produktif sungguh terpampang pada lomba ini," ungkapnya. (Baca Juga: Libatkan Masyarakat Cegah Covid-19, Polri Dirikan Sederetan Kampung Sehat)

Dia menambahkan desa-desa yang masuk nominasi juara terbukti mampu menekan penularan virus Covid-19 hingga nol kasus di wilayahnya dan nol kasus kriminalitas. Keenam desa yang lolos ke babak final adalah Desa Kembang Kuning (Lombok Timur), Desa Perenek (Sumbawa), Desa Mura (Sumbawa Barat), Kelurahan Dasan Cermen (Mataram), Desa Genggelang (Lombok Barat) dan Desa Pesanggrahan (Lombok Timur). (Baca Juga: Lomba Kampung Sehat NTB Upaya Tekan Penyebaran Covid-19)
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2650 seconds (0.1#10.140)