Latihan Perang, TNI AD Kerahkan 3.123 Personel ke Pulau Sumatera

Kamis, 05 November 2020 - 20:50 WIB
loading...
Latihan Perang, TNI AD Kerahkan 3.123 Personel ke Pulau Sumatera
Menyikapi dinamika ancaman yang berkembang dan berpotensi mengganggu kedaulatan Indonesia di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dari ancaman negara agresor, TNI AD mengerahkan 3.123 prajuritnya. FOTO/iNews/RIEZKY MAULANA
A A A
JAKARTA - Menyikapi dinamika ancaman yang berkembang dan berpotensi mengganggu kedaulatan Indonesia di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dari ancaman negara agresor, TNI AD mengerahkan 3.123 prajuritnya. Ke-3123 personel tersebut tergabung dalam Brigade Tim Pertempuran (BTP) untuk menghancurkan negara agresor.

Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto menuturkan, pasukan yang tergabung dalam BTP ini adalah Brigif Raider-9/Dy/2 Kostrad yang diperkuat berbagai kecabangan, antara lain, satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan intelijen, satuan teritorial dan satuan bantuan administrasi.

Selain itu, pasukan tersebut melibatkan alutsista baru yang memiliki teknologi modern, seperti helikopter Mi-35, Tank Leopard, meriam Astros, meriam Caesar, dan meriam artileri pertahanan udara RBS 70. Pengerahan kekuatan tempur ini menjadi bagian dari skenario Latihan Antar Kecabangan (Ancab) TNI AD Kartika Yudha Tahun 2020 yang digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan. ( )

"Melalui latihan antarkecabangan, sangat diharapkan akan dapat membangun kerja sama operasi (interoperabilitas) antarkecabangan TNI AD yang benar-benar terukur, efektif, efisien dan profesional, yang muaranya akan dapat melipatgandakan daya tempur dan daya gempur satuan, mana kala terlibat pertempuran yang sebenarnya," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/11/2020).

Mayjen Tri Yuniarto menegaskan, latihan ini merupakan suatu bentuk latihan yang melibatkan hampir seluruh komponen TNI AD dan benar-benar telah terintegrasi. Dia berharap, para prajurit yang berlatih dapat melakukannya dengan sungguh-sungguh.

"Oleh karena itu, kepada seluruh prajurit yang terlibat sebagai pelaku pada Latancab Tahun 2020, agar melaksanakan latihan ini dengan disiplin dan penuh kesungguhan. Karena dengan disiplin dan penuh kesungguhan, maka semua materi yang dilatihkan akan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan," katanya. ( )

Dia mengingatkan, agar semua prajurit tetap mengutamakan faktor keamanan untuk mencegah terjadinya kecelakaan latihan yang mengakibatkan kerugian personel maupun materil.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)