Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Halangi Kepulangan Habib Rizieq

Kamis, 05 November 2020 - 16:34 WIB
loading...
Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Halangi Kepulangan Habib Rizieq
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan pemerintah sama sekali tidak akan menghalang-halangi upaya Habib Rizieq untuk pulang ke Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan pemerintah sama sekali tidak akan menghalang-halangi upaya Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia. Kepastian itu disampaikan Mahfud, terkait kabar kepulangan Habib Rizieq dari Arab Saudi pada 10 November mendatang.

Dia menuturkan, jika selama ini ada kesan pemerintah Indonesia menghalang-halangi sangatlah tidak benar. Menurutnya, itu semata permasalahan antara Pemerintah Arab Saudi dengan Habib Rizieq. "Soal Habib Rizieq yang katanya mau kembali. Saya jawab, silakan. Bahwa Habib Rizieq sendiri mau pulang, kita tidak pernah menghalangi, bahwa dia terhalang pulang, itu urusan dia dengan Pemerintah Arab Saudi. Jika sekarang sudah selesai ya pulang saja. kita kan tidak pernah menghalangi pulang,” kata Mahfud dalam keterangannya, Kamis (5/11/2020). (Baca juga: Ini Rangkaian Kegiatan Habib Rizieq Setibanya di Indonesia)

Mahfud meminta, jangan sampai ada kericuhan terkait kepulangan Habib Rizieq karena pemerintah tidak segan-segan bertindak tegas jika hal itu terjadi. Menurutnya, pengikut Habib seharusnya tidak membuat kericuhan ataupun tetap patuh dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah. "Kalau pengikutnya Habib Rizieq harus tertib, dan protokol kesehatan supaya dipatuhi. Agar tidak saling memudharatkan, kalau dalam hukum fiqih itu la dhoro wala dhiror. Jangan saling menyulitkan antara orang, jadi Anda jaga dan orang lain jaga,“ ucapnya. (Baca juga: Habib Rizieq Pulang, Situasi Politik Tanah Air Berubah?)

Diberitakan sebelumnya, dalam konfrensi pers yang disiarkan di YouTube Front TV, Rabu, 4 November 2020, Habib Rizieq akan bertolak dari Arab Saudi pada 9 November pukul 19.30 waktu setempat dan akan tiba di Indonesia pada 10 November. "Insya Allah saya dan keluarga hari Senin 9 November jam 19.30 waktu Saudi," kata Habib Rizieq.

Sekadar informasi, Habib Rizieq berangkat ke Arab Saudi ketika kasus dugaan chat pornografinya dengan Firza Husein menyeruak ke muka publik. Bahkan, kala itu Habib Rizieq ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya (PMJ) Namun, dihentikan atau SP3. Kasus hukum lainnya, ditangani oleh Polda Jawa Barat. Habib Rizieq sempat jadi tersangka kasus dugaan penodaan Pancasila.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)