Dunia Kagum dengan Kerukunan Beragama di Indonesia

Selasa, 03 November 2020 - 19:34 WIB
loading...
Dunia Kagum dengan Kerukunan Beragama di Indonesia
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan arahan dalam acara Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Selasa (03/11/2020).
A A A
JAKARTA - Masyarakat dunia menjadikan Indonesia sebagai model terbaik dari konsep masyarakat dalam kerukunan beragama. Hal ini disampaikan Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Dalam sambutannya, Fachrul Razi menyampaikan bahwa, sebagaimana dikatakan masyarakat dunia, bahwa Indonesia adalah model terbaik dari konsep masyarakat yang multicultural.

“Dari sudut pandang agama, keragaman adalah anugerah dan kehendak Tuhan. Keragaman yang ada di Indonesia sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Keragaman itu, terlihat dari ragam suku dan bangsa yang bertujuan agar kehidupan menjadi dinamis. Dengan demikian, bukan kah keragaman itu sangat indah dan patut kita syukuri bersama?," ungkap Fachrul dalam Webinar Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama Tahun 2020 bertajuk "Umat Rukun, Indonesia Maju" yang diselenggarakan Kementerian Agama RI, Selasa (3/11/2020).

Indonesia sendiri menurutnya memang sudah ditakdirkan untuk lahir dengan keberagaman. Namun, keberagaman ini bukan untuk ditawar, tetapi untuk diterima. "Bahasa Inggrisnya, take for granted," ujar Fachrul lebih lanjut.

Pengertian dan ciri-ciri Ia mengklaim, Indonesia dikenal sebagai negara dengan beragam etnis, suku, budaya, bahasa dan agama yang nyaris tak ada tandingannya di dunia. Ia juga mengatakan, Indonesia memang memiliki enam agama yang banyak dianut masyarakatnya.

Namun, ia juga tak memungkiri bahwa Indonesia memiliki ratusan agama lain, misalnya agama leluhur dan penganut kepercayaan. "Selain enam agama yang banyak dianut masyarakat, masih ada ratusan agama leluhur dan penghayat kepercayaan lainnya yang juga punya umat pengikut masing-masing," paparnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai miniatur kebinekaan Indonesia hendaknya menjadi tenda bangsa yang mengayomi semua umat beragama.

"FKUB merupakan miniatur kebinekaan Indonesia. Saya berharap tidak ada satu pun yang ditinggalkan ataupun dipinggirkan. FKUB hendaknya menjadi tenda bangsa yang mengayomi semua umat beragama dari beragam kelompok," ujar Presiden dalam video arahannya pada Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama Tahun 2020.

Presiden menyampaikan kebinekaan, termasuk keberagaman agama, merupakan anugerah Allah SWT, anugerah Tuhan yang maha pengasih dan penyayang kepada bangsa Indonesia.

Dia menekankan anugerah tersebut harus dijaga sebagai kekuatan bangsa. Menurutnya, bangsa Indonesia patut bersyukur karena di tengah dinamika sosial dan politik global yang penuh gejolak, bangsa Indonesia dapat hidup rukun dalam kemajemukan saling mengayomi saling melindungi sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)