Kemendagri Sebut 79 Ribu E-KTP Tercetak Selama Pelayanan Libur Panjang

Minggu, 01 November 2020 - 15:08 WIB
loading...
Kemendagri Sebut 79 Ribu E-KTP Tercetak Selama Pelayanan Libur Panjang
Kemendagri mengatakan pihaknya selama libur panjang akhir Oktober lalu sebanyak 442 disdukcapil tetap membuka pelayanan pengurusan dokumen kependudukan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengatakan selama libur panjang akhir Oktober lalu sebanyak 442 dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) tetap membuka pelayanan pengurusan dokumen kependudukan. Pembukaan layanan di saat libur memang sudah dicanangkan beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Lukai Hati Umat Islam, Bamusi Desak Presiden Prancis Segera Meminta Maaf)

"Bila satu kantor disdukcapil rata-rata melibatkan 5 personel saja, maka sedikitnya ada 2.500 ASN Dukcapil yang kerja lembur di hari libur. Mereka menggelar layanan jemput bola mendatangi warga melayani perekaman data e-KTP, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, berbagai jenis akta, dan layanan administrasi kependudukan lainnya," kata Zudan dikutip dari keterangan persnya, Minggu (1/11/2020).

(Baca juga: Madrid dan Liverpool Raih Poin Penuh, Inter Tertahan di Kandang Parma)

Dia mengatakan masyarakat tidak perlu mendatangi kantor disdukcapil untuk mengurus dokumen. Pasalnya banyak dukcapil yang menjalankan layanan jemput bola.

"Warga tak perlu datang ke Dukcapil karena sudah ada layanan digital online bagi warga perkotaan. Nah, kali ini kami yang menghampiri masyarakat yang tak mungkin mendatangi kantor Dukcapil lantaran ada keterbatasan, seperti para lansia, jompo, kaum difabel, mereka yang berada di lembaga pemasyarakatan atau tinggal di pelosok terpencil," ujarnya.

Zudan menuturkan bahwa layanan selama empat hari libur terdapat belasan ribu masyarakat yang merekam datanya. Selain itu puluhan ribu e-KTP langsung dicetak dalam pelayanan di hari libur tersebut.

“Menurut catatan petugas Dukcapil, selama empat hari berturut total perekaman e-KTP berjumlah 17.542 jiwa. E-KTP yang dicetak dan dibagikan langsung berjumlah 79.136 keping,” ungkapnya.

Tercatat pula 20 disdukcapil dengan total transaksi pelayanan dokumen kependudukan tertinggi. Dalam hal ini KK, KIA, akta-akta, e-KTP dan lain-lain. Di antaranya Brebes, Kota Surabaya, Garut, Kota Jakarta Selatan, Serang,Tasikmalaya, Kota Tangerang, Tulang Bawang, Pidie, dan Bengkalis.

Lalu Sukabumi, Kota Jakarta Barat, Kutai Kartanegara, Pekalongan, Bogor, Lumajang, Bima, Kota Lhokseumawe, Tangerang dan Bandung Barat.

"Terus terang saya bangga dengan semangat militansi para ASN, terutama Korps Dukcapil yang siap 'tempur' menjemput layanan langsung ke masyarakat. Ini dalam rangka menyukseskan perhelatan pilkada serentak, sekaligus mengejar target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan hingga akhir tahun ini," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)