Daerah Irigasi Batang Asai Akan Jadi Lumbung Padi di Jambi

Senin, 26 Oktober 2020 - 11:14 WIB
loading...
Daerah Irigasi Batang Asai Akan Jadi Lumbung Padi di Jambi
Ditjen SDA Kementerian PUPR, pemerintah sedang menggejot pembangunan Jaringan Irigasi untuk mendukung ketahanan pangan nasional di Daerah Irigasi (DI) Batang Asai di Jambi.
A A A
JAMBI - Sawah tak bisa menhasilkan padi tanpa ketersediaan air. Kehadiran irigasi yang bisa menjaga kebutuhan air persawahan sangat bearti bagi para petani.

Salah satu irigasi yang sedang dibangun pemerintah berlokasi di Jambi. Melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pemerintah sedang menggejot pembangunan Jaringan Irigasi untuk mendukung ketahanan pangan nasional di Daerah Irigasi (DI) Batang Asai di Jambi.

Daerah Irigasi Batang Asai merupakan salah satu daerah irigasi yang masuk dalam program pengembangan yang dilakukan Ditjen SDA melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VI. Daerah irigasi ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui pembangunan jaringan irigasi sawah.

Kepala BWS Sumatera VI, Nurfajri mengatakan dengan potensi persawahan yang luas, diharapkan daerah irigasi ini akan menjadi lumbung padi khususnya bagi Kabupaten Sarolangun dan umumnya bagi Provinsi Jambi.

"Sementara tujuan dari kegiatan Pembangunan Jaringan Irigasi DI Batang Asai Paket I - III Kabupaten Sarolangun adalah untuk meningkatkan kualitas irigasi padi eksisting (peningkatan indeks penanaman). Mengingat potensi daerah Batang Asai yang demikian, diperlukan pemberian sarana dan prasarana irigasi agar dapat meningkatkan produksi padi di wilayah tersebut dan meningkatkan ketahanan pangan Kabupaten Sarolangun," lanjut Nurfajri.

Nurfajri selaku Kepala BWS Sumatera VI pun melakukan kunjungan lapangan ke Pembangunan Daerah Irigasi Batang Asai yang terdiri dari Pembangunan Lanjutan Bendung dan Pembangunan Jaringan irigasi Paket I, Paket II, dan Paket III.

Seluruh pembangunan tersebut merupakan satu kesatuan pembangunan DI Batang Asai. Pada kunjungan kali ini, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI didampingi oleh Kepala SNVT PJPA WS Batanghari, PPK Irigasi dan Rawa II, dan PPK Irigasi dan Rawa III beserta jajaran.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)