HUT ke-70, Ketum PB IDI Berpesan Dokter Harus Mengedepankan Moral dan Etika

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:43 WIB
loading...
HUT ke-70, Ketum PB IDI Berpesan Dokter Harus Mengedepankan Moral dan Etika
Memperingati HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-70, Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih berpesan bahwa dokter harus mengedepankan moral dan etika. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-70, Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih berpesan bahwa dokter harus mengedepankan moral dan etika.

“Dokter itu adalah sebuah profesi yang lebih mengedepankan moral dan etika. Ikatan dokter internasional sebelumnya juga telah mengatakan bahwa profesi dokter ini adalah moral enterprise,” ujar Daeng dalam sambutannya pada Silaturahmi Nasional Peringatan HUT ke-70 Ikatan Dokter Indonesia secara virtual, Sabtu (24/10/2020. (Baca juga: Dokter Sarankan Pilih Sabun dengan Kandungan Pelembab agar Tangan Tak Kering)

Daeng pun mengandaikan bahwa dua per tiga atau tiga per empat bagian dari profesi dokter itu adalah persoalan moral dan etika. “Jadi memang andaikan sebuah semangka, dua per tiga atau tiga per empat bagian profesi kita kalau bilang sakit watuk (batuk) itu gampang diobati, persoalan watak angel (sulit) diobati,” jelasnya.

Selain itu, Daeng berpesan agar seluruh dokter di Indonesia bisa kompak, serta meningkatkan moral agar kualitas dokter di Indonesia semakin baik. “Berarti memang kalau bisa, kalau kita kompak lebih dalam lagi karena setinggi-tinggi ilmu kita, seahli-ahli kita kalau moral kita kurang itu mungkin agak sulit menjadi baik.” (Baca juga: Bekasi Kekurangan Dokter dan Analis saat Kasus Covid-19 Masih Tinggi)

“Tetapi, kalau moral kita baik, integritas kita tinggi, kalau ada ilmu-ilmu yang kita dapatkan dengan penambahan ilmu seperti pagi ini kita silaturahmi sambil berbagi ilmu. Insya Allah ilmu dokter Indonesia akan semakin baik,” tegas Daeng.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)