Survei Indikator: Mayoritas Responden Percaya Jokowi Mampu Tangani Covid-19

Minggu, 18 Oktober 2020 - 20:30 WIB
loading...
Survei Indikator: Mayoritas Responden Percaya Jokowi Mampu Tangani Covid-19
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto/setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih tinggi dibanding Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dalam penanganan Covid-19.

"Trust (kepercayaan) terhadap presiden dalam menangani Covid masih lumayan cukup percaya 57,7 persen. Sangat percaya 3 persen. Tidak percaya 12,7 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual yang digelar Minggu (18/10/2020).

Sedangkan untuk Menkes Terawan, responden yang sangat percaya hanya 1%. Mereka yang cukup percaya pada Terawan sebanyak 44,6%. Sebanyak 30,9 % responden mengaku biasa saja. Lalu, 15 % mengaku tak percaya dan 2,0 % sangat tidak percaya.

"Ini masih lebih baik dibanding apa yang muncul di Twitter. Di Twitter itu kan saya kira enggak sampai 20 persen yang puas," ungkapnya.( )

Sementara itu terkait kinerja Presiden Jokowi sebanyak 66 % responden merasa puas. Angka tersebut naik dari bulan Juli yang meraup 60%. Lalu sebanyak 2,4 % responden sangat puas, 66 % responden cukup puas, 26,4 % kurang puas dan 2,4 % tidak puas sama sekali dengan kinerja Jokowi.

"Sedikit mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya, tetapi juga tidak beda jauh dibanding tren-tren sebelumnya," kata Burhanuddin.( )

Padahal, lanjut Burhanuddin, pada 2015 lalu kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sempat turun drastis akibat adanya inflasi. Namun, selama beberapa tahun terakhir tingkat kepuasan publik pada Jokowi cenderung stabil di angka 60 %.

"Bahkan pandemi itu tidak mampu menurunkan kepuasan terhadap kinerja Presiden," kata dia.

Adapun survei dilakukan selama 24-30 September terhadap 1.200 responden digelar melalui sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)