Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais Diyakini Bakal Ditolak PAN

Rabu, 06 Mei 2020 - 21:07 WIB
loading...
Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais Diyakini Bakal Ditolak PAN
Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengkonfirmasi, bahwa Hanafi Rais mengajukan pengunduran diri sebagai ketua fraksi dan anggota fraksi PAN DPR. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mengkonfirmasi, Hanafi Rais mengajukan pengunduran diri sebagai ketua fraksi dan anggota fraksi PAN DPR. Saleh menambahkan, surat pengunduran Hanafi Rais telah disampaikan ke DPP PAN.

Namun kata dia, secara administratif surat itu masih belum diterima secara formal. Karena itu lanjut dia, belum ada pembicaraan apa pun di DPP terkait surat tersebut.

"Terkait masalah ini, saya mendengar dan mengetahui bahwa Ketum, Zulkifli Hasan, sangat menyayangi Hanafi Rais," ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Rabu (6/5/2020).

Dia mengatakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sering menjelaskan di berbagai kesempatan bahwa Hanafi Rais adalah kader pekerja keras, cerdas, memiliki leadership, santun, rendah hati, mudah bergaul, dan disenangi banyak orang. Dia melanjutkan, Hanafi Rais adalah sosok kader yang bisa dijadikan sebagai role model dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, kata Zulkifli Hasan, Hanafi Rais membuktikan itu dengan perolehan suara yang sangat tinggi di PAN dalam dua kali pileg terakhir. (Baca juga: Rekonsiliasi dengan Amien Rais Gagal karena Elite PAN Berupaya Mendekat ke Jokowi)

"Bang Zulhas sering memuji mas Hanafi. Katanya, mas Hanafi itu kader yang sangat baik. Saya sendiri sering mendengar bang Zulhas menyampaikan rasa sayangnya kepada mas Hanafi. Terutama melihat kegigihan dan hasil kerja mas Hanafi sebagai ketua KPPN (komite pemenangan pemilu nasional) pada Pileg yang lalu," kata wakil ketua fraksi PAN ini.

Dia mengatakan, berkenaan dengan surat pengunduran Hanafi tersebut, tentu akan dibahas di internal partai. Surat ini diajukan ke partai. Karena itu, kata dia, hal tersebut adalah urusan internal partai. Dia mengatakan, ada mekanisme yang harus diikuti terkait masalah seperti ini.

"Kalau mau masuk partai, kan ada prosesnya. Begitu juga sebaliknya, jika ada yang mengundurkan diri, tentu ada prosesnya. Semua akan dibicarakan dengan arif dan bijaksana," kata anggota komisi IX DPR RI ini.

Saleh mengaku tidak mau mendahului hasil pembahasan internal partai. "Tetapi saya yakin dan percaya bahwa pengunduran diri Hanafi Rais tersebut akan ditolak partai. Sebab, sejauh ini tidak ada masalah dan kesalahan yang dilakukan Hanafi Rais," kata wakil ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu.

Dia melanjutkan, justru sebaliknya, capaian politik dan kontribusi Hanafi Rais ke partai sangat banyak. "Insya Allah, mas Hanafi akan tetap ada di PAN. Kalaupun ada hal-hal yang dinilai perlu diperbaiki, akan didiskusikan dan dibicarakan secara baik-baik," pungkas mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)