Inspirasi di Masa Pandemi

Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:00 WIB
loading...
Inspirasi di Masa Pandemi
Foto/Koran SINDO
A A A
JAKARTA - Indonesia Awards , sebuah ajang penghargaan bagi tokoh dan lembaga pemerintah maupun nonpemerintah di Tanah Air, kembali digelar oleh Stasiun Televisi iNews di Jakarta tadi malam. Para tokoh yang mendapat apresiasi pada acara tersebut dinilai telah memberikan kontribusi signifikan dengan sejumlah prestasi, dedikasi, dan konsistensinya dalam membangun negeri.

Indonesia Awards 2020, yang kali ini memasuki tahun keempat penyelenggaraan, bertema ”Kebanggaan Indonesia”. Pada ajang ini iNews memberikan apresiasi kepada 28 insan terbaik mulai seperti lembaga pemerintah dan nonpemerintah serta perorangan. (Baca: Keajaiban Surah Al-Fatihah Menyembuhkan Penyakit dan Penawar Racun)

"Saya berharap Indonesia Awards 2020 ini memberikan inspirasi, kontribusi yang positif kepada masyarakat luas, dan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada yang memang memiliki prestasi. Terlebih lagi kita saat ini sedang berjuang melawan pandemi Covid-19," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo di sela-sela acara yang disiarkan dari MNC Conference Hall, iNews Tower, MNC Center Kebon Sirih, Jakarta, tadi malam.

Kriteria penilaian yang ditetapkan pada ajang Indonesia Award 2020 mencakup popularitas, konsistensi, dan kepakaran. Proses penjaringan para calon nomine sudah dilakukan sejak Mei 2020. Pemilihan calon nomine berdasarkan sepak terjang prestasi dan kontribusi selama pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga juri kehormatan, Airlangga Hartarto, mengatakan, tokoh-tokoh tersebut menjadi panutan bagi masyarakat maupun bagi pejabat publik dan dampaknya dirasakan bagi masyarakat secara konkret. “Di samping itu, (tokoh-tokoh itu) mempunyai kompetensi atas orisinalitas gagasan dan dalam pelaksanaannya terbukti ada dan memberikan manfaat secara luas,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, tim juri melakukan riset dan seleksi terhadap nama-nama yang masuk berdasarkan metode kualitatif. Selain itu, tim juri melakukan penjurian berdasarkan hasil liputan dan memilih satu nama untuk tiap kategori. (Baca juga: Kurikulum yang Disederhanakan Belum Diterapkan Maksimal)

Selain Airlangga, dewan juri kehormatan Indonesia Awards 2020 lainnya adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Penjurian tahap pertama dilakukan pada awal September 2020 dan dilanjutkan dengan penjurian dengan juri kehormatan pada 2 Oktober 2020.

“Saya melihat proses dari tahap ke tahap yang dilakukan iNews sudah sangat tepat dan memudahkan kami sebagai juri kehormatan untuk menetapkan pemenang, meskipun semuanya layak menjadi pemenang," kata Muhadjir.

Secara umum, Indonesia Award 2020 terdiri atas tiga kategori penghargaan, yakni tokoh publik, tokoh profesional, dan penghargaan khusus di bidang kesehatan. Penghargaan khusus ini sengaja diberikan kepada sosok yang dinilai memiliki peran positif dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Selain tiga penghargaan utama, ajang ini juga memberikan apresiasi untuk delapan kategori lain, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, layanan publik, tata kelola pemerintahan, keterbukaan informasi publik, dan tata kelola kota. (Baca juga: Berpikir Positif Enyahkan Covid-19)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3226 seconds (0.1#10.140)