Organisasi Perlu Berinovasi di Tengah Pandemi

Selasa, 06 Oktober 2020 - 22:48 WIB
loading...
A A A
Terjadi kesalahpahaman dalam penggunaan platform seperti Zoom dan Google classroom yang dianggap sebagai e-learning. Padahal e-learning yang dimaksud adalah pemanfaatan Integrated Learning Management System (LMS) sebagai tempat bertemu antara dosen dan mahasiswa dalam satu platform. Prof. Nasir mengapresiasi Universitas Terbuka (UT) yang telah menjadi embrio dalam pembelajaran jarak jauh di Indonesia menyongsong revolusi industri 4.0.

Ketua Ikatan Alumni UT Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko yang saat ini aktif sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, membagi pengalamannya selama berkuliah di UT. Ia sangat terbantu dengan pendidikan tinggi yang menggunakan pembelajaran jarak jauh karena UT memiliki waktu kuliah yang fleksibel, dapat diakses kapan pun dan kapan pun.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan bahwa UT memfasilitasi berbagai institusi yang membutuhkan bantuan dalam penyelenggaraan PJJ dalam situasi pandemi. UT memberikan keterbukaan pada sumber pembelajaran UT. Hingga saat ini, terdapat 14 perguruan tinggi yang bekerja sama dalam penyelenggaraan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU).

Dalam pembelajaran jarak jauh, mahasiswa UT dibekali dengan bahan ajar cetak yang didesain secara khusus, serta dilengkapi dengan self-content dan self-instruction. Oleh karena itu, mahasiswa UT dapat belajar mandiri dan lebih efektif. Sesuai dengan arahan dirjen, UT juga menyediakan bahan ajar digital interaktif yang dapat diakses secara umum melalui https://spada.kemdikbud.go.id/. (*)
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)