BPIP Puji Didi Kempot Maestro Penyampai Jiwa Pancasila

Rabu, 06 Mei 2020 - 06:35 WIB
loading...
BPIP Puji Didi Kempot Maestro Penyampai Jiwa Pancasila
Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo mengutarakan bela sungkawa yang teramat dalam untuk almarhum Didi Kempot. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) turut berduka cita atas meninggalnya musisi Dionisyus Prasetyo alias Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020). Didi menghembuskan nafas terakhir dalam usia 53 tahun di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo mengutarakan bela sungkawa yang teramat dalam untuk almarhum Didi Kempot. Menurut dia, banyak karya semasa hidup Didi yang bisa jadi pembelajaran dan menggambarkan jiwa Pancasila.

“BPIP berduka cita atas meninggal maestro Didi Kempot lewat lagunya yang mudah diterima rakyat kecil karena lirik lagu menggambarkan jiwa Pancasila yang diaktualisasikan dalam tindakan nyata,” jelas pria yang akrab disapa Romo Benny itu kepada SINDOnews, Selasa (5/5/2020).

Ia memuji karya-karya almarhum Didi Kempot yang dinilai mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, lagunya juga enak didengar dan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat.

“Karena lagu-lagunya menggambarkan nilai Pancasila. Dalam liriknya, ada nilai persaudaraan, gotong royong, nilai kemanusiaan, dan kebersamaan,” tutur Benny.

Didi Kempot merupakan ikon Pancasila yang diberikan oleh BPIP pada 2019 karena karyanya di bidang musik. Lewat lirik lagu campur sari, sang maestro memberikan inspirasi masyarakat Indonesia hidup guyup rukun dan cinta pada bangsanya.

Dengan kepergian Didi, bangsa Indonesia telah kehilangan seniman rakyat yang mampu membaca jantung hati rakyat dan denyut nadinya. Selain itu, kehilangan guru yang mengajarkan nilai kemanusiaan yang melintasi batas suku, agama, dan politik.

“Selamat jalan. Kita berdukacita atas meningalnya sang maestro semoga nilai keutaman hidup terus kita nyalakan dalam sanubari bangsa ini bersama sahabat ambyar,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)