Ahli Epidemi: Tenaga Kesehatan Itu Manusia Juga!

Selasa, 29 September 2020 - 09:55 WIB
loading...
Ahli Epidemi: Tenaga Kesehatan Itu Manusia Juga!
Pemerintah diingatkan untuk menjamin keselamatan tenaga kesehatan (nakes) dalam menjalankan tugasnya melayani publik. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahli epidemi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengingatkan pemerintah untuk menjamin keselamatan tenaga kesehatan (nakes) dalam menjalankan tugasnya melayani publik.

Pemerintah dikatakannya bukan sesuatu yang mudah tergantikan. Kata di, perlu naker yang kompeten dan siap bertugas sesuai standard profesi.

Menurut dia, nakes juga perlu diedukasi kembali dan dilengkapi dengan berbagai alat pelindung diri dan dukungan psikologis untuk mengatasi kelelahan.

"Negara harus jamin keselamatan setiap nakes dalam tugas pelayanan publik. Nakes bukan disposable, yang mudah digantikan, perlu nakes yang kompeten, siap bertugas sesuai standard profesi. Perlu reedukasi, APD, serta dukungan psikologis atasi stres kelelahan. Nakes itu manusia juga!" tulis Pandu, Selasa (29/9/2020).( )

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah merenggut banyak nyawa dokter dan tenaga kesehatan yang selama ini berjibaku menangani pasien terinfeksi virus asal Wuhan tersebut.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hingga Kamis 24 September 2020 mencatat sudah 123 dokter yang meninggal akibat terpapar Covid-19. (Baca juga: Ini Syarat-syarat Sembuh dan Selesai Isolasi Covid-19)
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)