Bangun Dapur Umum, Jadi Salah Satu Kontribusi TNI-Polri di Tengah Corona

Rabu, 15 April 2020 - 13:58 WIB
loading...
Bangun Dapur Umum, Jadi Salah Satu Kontribusi TNI-Polri di Tengah Corona
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kacamata hitam). Foto/Puspen/TNI
A A A
JAKARTA - TNI bersama Polri menggelar dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Bahkan, dapur umum itu sudah beroperasi hari ini di sejumlah titik di DKI Jakarta.

"Berikutnya adalah TNI bersama Polri menggelar dapur umum untuk masyarakat," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam pemaparannya di Rapat Kerja (Raker) Virtual dengan Komisi I DPR, Rabu (15/4/2020).

(Baca juga: Tangani Wabah Virus Corona, TNI Butuh Anggaran Refocusing Rp196,8 M)

Hadi menjelaskan, dapur umum itu digelar di 5 titik baik oleh TNI maupun Polri di kawasan DKI Jakarta. Ada 3 Postrad dan 2 dari Polri yang menggelar dapur umum hari ini.

"Dan dapur umum yang sudah beroperasional yakni, di kelurahan Kapur Jakarta Barat, Marinir di Pasar Minggu, Mabes Angkatan Udara di Jakarta Utara, dan Polri di dua titik di Johar baru dan Kampung Rambutan," urainya.

Selain itu, dia menambahkan, TNI juga membantu Polri dalam penerapan PSBB baik sosialisasi, melakukan patroli, membantu pendistribusian bantuan sosial (bansos) dan juga alkes, serta melakukan pelacakan secara agresif untuk mengumpulkan sampel secara masif mengingat banyaknya masyarakat yang tidak sadar telah terinfeksi maupun yang sudah terinfeksi.

"Namun mereka tidak merasa sakit dan keluyuran, yang akhirnya masyarakat banyak yang protes. TNI akan membantu bagi yang sudah terinfeksi baik itu ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) harus sadar bahwa mereka justru membahayakan masyarakat lainnya," terang Hadi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)