Budiman Sudjatmiko Tak Percaya Gatot Nurmantyo Dicopot Gara-gara Film

loading...
Budiman Sudjatmiko Tak Percaya Gatot Nurmantyo Dicopot Gara-gara Film
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko tidak percaya Jenderal Gatot Nurmantyo dicopot dari jabatan Panglima TNI lantaran mengajak menonton film Pengkhianatan G30S PKI.

Merurut mantan anggota DPR ini, kesuksesan dan kegagalan panglima didasarkan atas kesuksesan dan kegagalan operasi militer.

"Ya yang bener saja masak panglima tentara dicopot gara-gara nyuruh nonton film. Ukuran sukses/gagal, promosi/dipecat itu sukses atau gagalnya menjalankan operasi militer strategis sekelas badai gurun, market garden atau Tet. Ini kok film?!" tulis Budiman melalui akun Twitternya, @budimandjatmiko, Sabtu (26/9/2020).

Pernyataan Budiman menanggapi pemberitaan tentang pernyataan Gatot Nurmantyo yang membantah mengatakan dirinya dicopot Presiden Jokowi karena nonton bareng G30S PKI.



Sebelumnya, dalam sebuah video di chanel Youtube Hersubeno Point yang diposting 21 September lali, mantan Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo menceritakan tentang munculnya gerakan PKI gaya baru. Gerakan yang dinilainya sistematis itu sudah diamatinya sejak tahun 2008. (Baca juga: Gatot Nurmantyo Surati Jokowi, Waspadai PKI Gaya Baru)

Pada saat menjabat Panglima TNI, Gatot Nurmantyo memerintahkan jajarannya untuk menonton film G30S PKI. Ketika itu, kata Gatot, ada sahabatnya dari PDIP mengingatkan agar menghentikan ajakan menonton film tersebut karena jika tidak ada makan akan diganti.

Bukannya menghentikan anjuran sahabatnya, Gatot mengucapkan terima kasih dan "menginjak gas". "Karena ini benar-benar berbahaya dan benar-benar saya diganti," kata Gatot dalam video tersebut.
(dam)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top