PB IDI: Pemeriksaan Kesehatan, PCR dan Swab Test Tenaga Kesehatan Gratis

Selasa, 22 September 2020 - 14:15 WIB
loading...
PB IDI: Pemeriksaan Kesehatan, PCR dan Swab Test Tenaga Kesehatan Gratis
Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengatakan para tenaga kesehatan (Nakes) sudah bisa melakukan pemeriksaan Covid-19 baik PCR maupun swab test secara gratis.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) , Daeng M Faqih mengatakan saat ini para tenaga kesehatan (Nakes) sudah bisa melakukan pemeriksaan Covid-19 baik PCR maupun swab test secara gratis.

Selain itu, para nakes juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Hal ini sebagai bentuk perlindungan kepada para nakes saat bertugas dalam penanganan pasien Covid-19. “Baru-baru ini kami juga sangat bersyukur apresiasi petugas kesehatan akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis. Meskipun ini baru dimulai di Jabodetabek kami kami berharap ini akan dilakukan di semua daerah terutama di 9 atau 10 daerah sasaran utama yang kasus Covid yang sangat tinggi,” kata Daeng dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (22/9/2020). (Baca juga: 117 Dokter Gugur Akibat COVID-19, PB IDI: Mari Kita Evaluasi, Cari Solusi Terbaik)

Daeng juga mengatakan saat ini ada 117 dokter yang telah gugur terpapar Covid-19. “Masyarakat sudah tahu karena kita sudah mengupdate data dokter yang gugur. Sekarang ini data yang kami peroleh dari kawan-kawan tim mitigasi di PB IDI itu 117 yang meninggal mungkin tenaga kesehatan lain juga sama, jadi banyak yang sudah meninggal,” katanya. (Baca juga: Perawat Gugur, Ketua Satgas: Tenaga Kesehatan dan RS Benteng Terakhir)

Artinya, tenaga kesehatan yang melakukan perawatan kepada pasien memang perlu ditingkatkan perlindungannya. Salah satunya, APD tetap dijaga. Daeng mengatakan pemeriksaan PCR hingga pemeriksaan kesehatan secara gratis ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19. “Kami tahu Satgas sebagai perwakilan pemerintah itu sudah berusaha mensupport APD. Alhamdulillah untuk proses perlindungan Satgas sebagai pemerintah juga sudah berdiskusi dengan kami dan Alhamdulillah akan melakukan pemeriksaan PCR ke petugas kesehatan secara gratis ya,” kata Daeng.

Daeng menambahkan dengan terlaksananya secara rutin tes PCR kepada petugas kesehatan itu akan menekan risiko yang serendah-rendahnya proses penularan. “Karena kita banyak tahu di lapangan penularan di petugas kesehatan tinggi. Karena apa? Karena memang petugas kesehatan ini yang bersentuhan dengan pasien Covid, sehingga risiko yang sangat tinggi.”

Oleh karena itu proses-proses perlindungan kepada petugas kesehatan sangat berarti. ”Kami sangat mengapresiasi dukungan Satgas dalam memberikan support ya. Kalau masalah APD kami tahu sudah dari awal dan kami berharap itu terus dilanjutkan dikontrol dengan baik di support dengan baik,” tegas Daeng.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)