Panglima TNI Terima Kunjungan Pejabat Pertahanan AS

Kamis, 17 September 2020 - 19:46 WIB
loading...
Panglima TNI Terima Kunjungan Pejabat Pertahanan AS
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Pejabat Pertahanan Amerika Serikat James Anderson, di Jakarta, Kamis (17/9/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kehormatan Pejabat Wakil Sekretaris Pertahanan bidang Kebijakan Amerika Serikat James Anderson, di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Dalam kunjungan tersebut, James Anderson didampingi oleh Deputy Chief of Mission Heather Variava, DASD Reed Werner dan Acting Athan Capt Stacey Prescott.

Dalam pertemuan, Panglima TNI bersama James membahas kerja sama yang selama ini telah terjalin. Walaupun kegiatan interaksi langsung tertunda akibat pandemi Covid-19, namun kerja sama bidang pendidikan tetap berlanjut.

"Komunikasi antara TNI dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat tetap berjalan dengan baik, termasuk di antaranya komunikasi telepon antara Panglima TNI dan Panglima USINDOPACOM, Laksamana Philip S Davidson," tulis keterangan pers yang diterima SINDOnews.( )

Disamping itu, Hadi dan James juga membahas penanganan Pandemi Covid-19. Kedua pejabat berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, sehingga berbagai kegiatan bilateral dapat kembali dilanjutkan.

Disamping itu, Hadi menyampaikan keprihatinan terhadap kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di pantai barat Amerika Serikat.

Dia menjelaskan pula bagaimana TNI bekerja sama dengan Polri, instansi terkait, dan masyarakat luas dalam penanganan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia pada periode 2018 sampai dengan 2019.( )

Terkait kawasan, kedua pejabat sepakat bahwa Laut China Selatan memiliki nilai strategis, tidak hanya bagi Asia Tenggara, tetapi juga bagi dunia internasional.

Keduanya sepakat setiap permasalahan di wilayah tersebut hendaknya diselesaikan dengan mengedepankan pendekatan perdamaian berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling percaya.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak berharap kerja sama kedua negara akan meningkat dan semakin kuat. Turut mendampingi Panglima TNI dalam kegiatan ini Asrenum Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Wakabais TNI dan Kapuskersin TNI.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)