Kabar Gembira, Indonesia Bakal Produksi APD dengan Bahan Baku Lokal

Senin, 06 April 2020 - 19:51 WIB
Kabar Gembira, Indonesia Bakal Produksi APD dengan Bahan Baku Lokal
Kabar Gembira, Indonesia Bakal Produksi APD dengan Bahan Baku Lokal
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa kelangkaan alat pelindung diri (APD) bukan hanya masalah domestik Indonesia.

"Ada negara yang mengambil alih sebuah proses pemberangkatan APD dari satu tempat ke tempat lain," ungkapnya, Senin (6/4/2020).

Namun, dia menyebut ke depan Indonesia mampu memproduksi APD dengan bahan baku lokal. Bahkan, APD tersebut telah sesuai standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO. "Tetapi alhamdulillah berkat kerja sama dari sejumlah pihak, baik perguruan tinggi, Kementerian Kesehatan, dan para peneliti kita, kemungkinan besar pada periode yang akan datang, kita akan bisa memproduksi APD dengan bahan baku lokal yang telah mendapatkan sertifikasi dari WHO," tuturnya. (Baca Juga: Distribusi APD ke Rumah Sakit di Daerah Harus Dipercepat).

Dia menilai dengan begini Indonesia tidak akan tergantung pada negara lain terkait APD. Pasalnya, selama ini bahan baku pembuatan APD berasal dari impor. "Sehingga ketergantungan kita untuk mendapatkan bahan baku APD dari luar negeri akan bisa teratasi," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Gugus Tugas telah menerima sebanyak 570 ribu APD, 390 ribu APD di antaranya telah didistribusikan ke seluruh daerah.

"Adapun yang terakhir tiba siang ini sebanyak 105 ribu. Dan ini pun akan segera kita prioritaskan untuk didistribusikan. Terutama kepada rumah sakit-rumah sakit yang ada di daerah-daerah terdampak," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5539 seconds (0.1#10.140)