Indonesia Against Covid-19 Ajak Masyarakat Bergerak Lawan Corona

Sabtu, 04 April 2020 - 16:19 WIB
Indonesia Against Covid-19 Ajak Masyarakat Bergerak Lawan Corona
Indonesia Against Covid-19 Ajak Masyarakat Bergerak Lawan Corona
A A A
JAKARTA - Penyebaran Wabah virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia menunjukkan tren meningkat sejak pertengahan Maret 2020.

Untuk mengatasi wabah ini, berbagai pihak diajak bersama-sama dan gotong royong dalam menghadapi pandemi Corona.

Gerakan Kemanusiaan Indonesia Against Covid-19 (IAC-19) dan 15 komunitas relawan bergerak cepat membantu penanganan Covid-19 dengan memberi bantuan ke beberapa rumah sakit, baik dalam bentuk penyediaan alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, hand sanitizer maupunbantuan makanan untuk tenaga medis.

Koordinator IAC-19, Agnes Lourda Budidharma menjelaskan banyak pekerjaan yang harus dilakukan IAC-19 dalam melawan Covid-19.

Dia mengatakan, diantaranya melengkapi kebutuhan tim medis masih terus menerus menjadi perhatian organisasinya karena masih banyak rumah sakit yang belum mendapat fasilitas kesehatan yang optimal.

Begitu juga, kata Lourda, dampak baru yang ditimbulkan aibat Covid-19, khususnya bagi pekerja informal atau pekerja harian. Mereka juga menjadi perhatian IAC-19.

"Kita sedang berupaya berdayakan dapur-dapur, resto, kafe, katering yang saat ini tidak beraktivitas sehingga tidak harus merumahkan karyawan mereka dan distribusi bantuan pangan secara cepat dan tepat, dan tentu semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit," tutur Lourda, dalam video conference, Sabtu (4/4/2020).

Adapun 15 komunitas yang terlibat dalam gerakan ini antara lain, yakni Indonesia Health Care Forum (IndoHCF), Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKesindo), Komunitas Relawan Kesehatan Indonesia (Kreki), Asosiasi Helathtech Indonesia (Relawan StopCov.Id), Komunitas Anak Bangsa, I-ELIT, PPI DUNIA, Save Jakarta, Dantara, BPPRI, Rumah Jokowi, Asosiasi Prakarasa Indonesia Cerdas (APIC) for COVID-19, Galang Kemajuan (GK), Peduli Pangan Desa Kota, Sahabat Indonesia Maju (Sima).

"IAC-19 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama, berpartisipasi dan peduli masalah Covid-19 yang melanda Ibu Pertiwi dengan meluncurkan program Bagi 100 Ribu-
MU, Indonesia Yo Ayo!" ungkapnya

Sementara itu, salah satu penggagas IAC-19, Magdalena Hutagalung menyatakan, Program Bagi 100 Ribu-Mu, Indonesia Yo Ayo adalah suatu pemikiran sederhana dari beberapa penggagas yang ada di tim IAC-19.

"100 Ribu-MU adalah gerakan sedekah, gerakan peduli dengan lingkungan sosial, menyisihkan dari penghasilan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkannya," Ujar Magdalena.

Lourda menambahkan, program Bagi 100 Ribu-Mu adalah kegiatan amal yang mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan semua pihak dalam menghadapi situasi bencana Covid-19.

"Suatu situasi yang tidak pernah kita bayangkan, namun berimbas terhadap keterpurukan roda perekonomian dunia secara masif dan signifikan, termasuk perekonomian Indonesia. Tidak terhitung banyaknya karyawan yang menjadi tulang punggung keluarga terpaksa dirumahkan," tutur Lourda.

Dengan demikian, lanjut dia, demi kelangsungan hidup bangsa, IAC-19 bersama arahan BNPB (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19), mengajak seluruh lapisan masyarakat dan para dermawan bangsa Bergerak Bersama Melawan Covid-19 melalui Bank Mandiri nomor rekening 104-0078-978-975 a/n Perkumpulan Komunitas Anak Bangsa

"Selain bantuan di atas, kami juga mengajak agar kita semua lebih meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga Covid-19 ini segera berlalu dan Indonesia bisa pulih kembali," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)