RS Darurat Corona di Pulau Galang Dilengkapi Tiga Helipad

Rabu, 01 April 2020 - 19:19 WIB
RS Darurat Corona di Pulau Galang Dilengkapi Tiga Helipad
RS Darurat Corona di Pulau Galang Dilengkapi Tiga Helipad
A A A
PULAU GALANG - Dirjen Cipta Karya Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Sumadilaga mengatakan bahwa Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang dibangun di area seluras 16 hektar. Dimana terdiri dari riga zonasi yakni zona A, B, dan C

“Pertama zona A yang merupakan mess pegawai, lalu perawat dan dokter jumlahnya 158 tempat tidur,” ujarnya saat memberi penjelasan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020).

Selain itu juga ada bangunan penunjang berupa bangunan sterilisasi, bangunan farmasi, laundry serta bangunan gizi. Selain itu juga ada gedung yang di dalamnya ada power house. (Baca juga: Surati Jokowi, Ini Pesan Para Tokoh soal Bencana Wabah Corona )

“Ini adalah zona A dengan progres 100 persen. Jadi ini kerja sama kami dengan dua BUMN,” ungkapnya.

Sementara di zona B terdapat bangunan intinya yang di dalamnya ada tempat isolasi untuk 20 tempat tidur. Lalu juga ada bangunan angunan observasi dengan total 340 tidur.

“Jadi kita membangun observasi plus isolasi total 360 tempat tidur. Ini bangunan inti,” tuturnya.

Selain bangunan inti juga terdapat bangun-bangunan penunjang. Seperti laboratorium satelit, farmasi, kamar jenazah, lapangan olahraga dan lain-lain. Dia menambahkan sampai dengan hari ini sudah 26 hari lamanya pembangunan dengan progres 95%.

“Kami juga bangun 3 helipad, sewaktu waktu pasien bisa diantar dengan helikopter,” katanya.

Sementara zona C difungsikan sebagai area cadangan untuk pengembangan fasilitas-fasilitas lainnya di area rumah sakit. Seperti diketahui hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan RS Darurat Corona di Pulau Galang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8274 seconds (0.1#10.140)