Puncak Wabah Corona Diprediksi hingga Lebaran, Begini Respons Jokowi

Senin, 16 Maret 2020 - 18:28 WIB
Puncak Wabah Corona Diprediksi hingga Lebaran, Begini Respons Jokowi
Puncak Wabah Corona Diprediksi hingga Lebaran, Begini Respons Jokowi
A A A
JAKARTA - Berkaca dari kasus corona yang terjadi di Wuhan, China, puncak wabah virus ini di Indonesia diprediksi hingga 60-80 hari ke depan atau hingga Lebaran. Merespons hal ini, Presiden Jokowi mengaku pemerintah tetap menyediakan rumah sakit (RS) rujukan corona.

Menurut dia, sejauh ini ada 132 RS, kemudian ditambah 109 RS dan RS yang disediakan TNI/Polri dan BUMN sebanyak 65 RS. "Ini masih dikalkulasi lagi. Kalau tidak cukup akan melibatkan rumah sakit rumah sakit swasta," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).

Jokowi menegaskan, pemerintah akan mengerahkan segala upaya untuk menangani penyebaran virus ini. Termasuk jika puncak virus terjadi, dirinya sudah perintahkan Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan kepada Bulog agar menjaga stok barang terutama sembako.

"Bahan-bahan pokok betul-betul tersedia dan siap, terutama melalui Bulog, baik berupa beras, bawang putih, gula, semuanya sudah disiapkan dan sudah diperintah dua minggu lalu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Intelijen Negara (BIN) memprediksi puncak wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia pada Mei 2020 nanti atau memasuki bulan Ramadhan. Masa puncak terjadi 60 sampai 80 hari ke depan sejak kasus virus corona pertama diumumkan pemerintah pada 2 Maret 2020 lalu. (Baca Juga: BIN Prediksi Puncak Wabah Corona di Indonesia Bulan Mei).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)