Jubir PAN Anggap Wajar Partai Baru Amien Rais Diberi Nama PAN Reformasi

Selasa, 01 September 2020 - 10:40 WIB
loading...
Jubir PAN Anggap Wajar Partai Baru Amien Rais Diberi Nama PAN Reformasi
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi Waketum Viva Yoga Mauladi (kiri) dan Sekjen Eddy Soeparno. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kabar bahwa partai baru yang akan didirikan Amien Rais bakal memiliki nama dan logo mirip Partai Amanat Nasional (PAN) direspons Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi . Dia menganggap wajar hal tersebut.

"Di dalam pemberitaan di media Pak Amien Rais kemungkinan menamakan partai barunya dengan PAN Reformasi. Pemakaian nama PAN di partai baru tersebut wajar saja karena tentu masih berharap akan mendapatkan efek elektoral dari PAN yang sejak Pemilu 1999 sampai 2019 lolos di DPR RI," kata Yoga kepada SINDOnews, Selasa (1/9/2020).

Namun, menurut Yoga, kalaupun ada efek elektoral, getarannya sangat kecil alias non signifikan. "Mengapa? Karena masyarakat akan menilai bahwa itu adalah partai politik baru, bukan PAN orisinal. Di saat ini upaya untuk membangun party identity mesti melalui perjuangan yang memerlukan sumber daya partai yang besar serta tidak serta-merta dengan mudah dipetik hasilnya," jelasnya.

(Baca juga: Nama dan Logo Partai Baru Amien Rais Disebut Mirip PAN, Pengamat: Bikin Model Lain ).

Wakil Ketua Umum DPP PAN ini menambahkan, suatu partai politik baru di tengah politik kontemporer mesti berjuang untuk membangun infrastruktur partai, menyiapkan pengurus dan kader militan, harus lolos sebagai peserta pemilu, serta harus lolos parliamentary threshold yang setiap pemilu angkanya semakin naik sesuai ketentuan Undang-Undang Pemilu .

(Baca juga: Penasaran Nama dan Logo Partai Baru Amien Rais? Ini Bocorannya ).

"Variabel itulah yang harus dipersiapkan, tidak saja bagi partai politik baru, tetapi partai yang lama juga harus mawas diri. Suatu perjuangan yang tidak mudah," ujarnya.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2163 seconds (11.210#12.26)