Duduk Perkara Najwa Shihab Dirujak Netizen Gegara Nyeletuk Jokowi Nebeng Pesawat TNI AU

Senin, 28 Oktober 2024 - 16:22 WIB
loading...
Duduk Perkara Najwa...
Nama Najwa Shihab trending di media sosial X karena celetukan menyebut Presiden Jokowi nebeng pesawat TNI AU saat pulang kembali ke Solo. FOTO/ISTAGRAM NAJWA SHIHAB
A A A
JAKARTA - Najwa Shihab trending di media sosial X (dulu bernama Twitter), Senin (28/10/2024). Jurnalis senior pemilik program Mata Najwa itu sedang menjadi bulan-bulanan netizen karena menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'nebeng' pesawat TNI AU ketika pulang ke Solo usai pelantikan Presiden Prabowo Subianto.

Serangan netizen terhadap Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, dipicu celetukan Nana saat siaran langsung momen pelantikan Prabowo-Gibran melalui kanal YouTube Narasi pada 20 Oktober 2024 lalu. Setelah pelantikan, Jokowi dan Iriana Jokowi langsung pulang ke kampung halamannya di Solo. Kepulangan Jokowi diantar menggunakan pesawat Boeing milik TNI AU yang dikawal delapan pesawat tempur.

Sebelumnya, sempat beredar kabar Jokowi pulang ke Solo dengan menggunakan pesawat komersial. Di momen itu, Nana kemudian mengeluarkan celetukan soal nebeng.



"Gak jadi komersil, sekarang nebeng TNI AU," kata Nana yang kemudian diluruskan oleh rekannya.

"Nggak nebeng sih Mbak Nana, mengantar langsung," kata rekan Nana.

"Mengantar langsung," timpal Nana meluruskan celetukan sebelumnya.

Meski telah diluruskan tapi potongan video Nana soal Jokowi nebang TNI AU viral di media sosial. Nana menjadi bulan-bulanan, sasaran serangan netizen yang tidak terima atas celetukan tersebut.

"Emang kamu siapa ????? yg kamu lakukan untuk Indoensia selain memecah belah apa ?????????...mulut comberannn," tulis akun @DeNa****.

"Kalo presiden emang pantes mendapat fasilitas klo elu sama para budah Yaman yg lain, itu baru namanya nebeng," kata akun @Baby*****.

"biarin aja bang.. nenek najwa emang udah darurat dia.. difikir dengan banyak ngomong dianggap pintar kali ya.. padahal makin banyak ngomong makin banyak salaha nya..," tulis akun @SenoCh*****.

"Padahal udh tua #najwashihab ini. Anak #quraishshihab lg... tp kok ga pny adab blas. Jujur, aku fans bpknya, skrg ga ngefans lg. Quraish Shihab ilmu agamax tinggi tp GAGAL didik anaknya, ga pny adab akhlak, suudzon sm org, suka nyindir nyinyir, kasar," tulis akun @Dida_******.

Selain serangan bully, banyak juga netizen yang memberikan dukungan kepada Najwa Shihab.

"Mba Najwa Shihab salah satu anak Bangsa yg punya prestasi & berakhlak baik lagi terus terusan di hantam bujer-bujer MulYNTKS alias MULYANTOKETES. Ternyata benar apa kata warga saya (maksudnya sy sendiri ????) Memelihara dan mempertahankan kebodohan lebih mudah dari mendirikan SDIT," tulis akun @Mandiri********.

"Kontribusi Najwa Shihab untuk negara adalah kemampuannya membongkar kualitas sesungguhnya dari seorang pejabat, lewat wawancara yg ia lakukan. Sayangnya pemerintah mmng telah berhasil dalam mentransmisikan kebodohan, sehingga inilah output yg tecermin dari komentar di bawah ini," tulis akun @dim****.

"Fyi, serangan untuk “mematikan karakter” Najwa Shihab ini udah dimulai pasca peringatan darurat. Bisa diliat sendiri gimana isi komentar di tiktoknya beliau selama kurang lebih dua bulanan ini. Selain dihujani ujaran rasis, bayangin Mba Nana juga sampe dilecehin begini," tulis akun @dewi******.


Makna Nebeng

Kata nebeng, juga pernah viral sebelum celetukan Najwa Shihab saat kepulangan Jokowi ke Solo. Kata sebelumnya banyak dibicarakan setelah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Gedung Lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu datang untuk mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono, beberapa waktu lalu. Kaesang mengaku bahwa bahwa jet pribadi yang ditumpanginya itu merupakan milik seorang rekan atau temannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Kata nebeng sudah masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Apa artinya? Setelah membuka laman https://kbbi.kemdikbud.go.id dan mengetik kata nebeng di kolom pencarian laman tersebut, keluarlah makna kata nebeng. Di KBBI, makna kata nebeng adalah ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar; menebeng. Dengan demikian, nebeng bermakna ikut serta dalam suatu kegiatan dengan tidak usah membayar. Kegiatan tersebut antara lain makan atau naik kendaraan.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)