Mengenal Meutya Hafid, Dulu Disandera di Irak, Kini Menteri Komunikasi dan Digital Prabowo

Senin, 21 Oktober 2024 - 07:34 WIB
loading...
Mengenal Meutya Hafid,...
Politikus Partai Golkar Meutya Viada Hafid telah diumumkan oleh Presiden Prabowo Subianto akan menduduki Menteri Komunikasi dan Digital. Foto/YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Golkar Meutya Viada Hafid telah diumumkan oleh Presiden Prabowo Subianto akan menduduki Menteri Komunikasi dan Digital. Sebelumnya, Meutya merupakan sosok yang dikenal sebagai mantan jurnalis, politikus, serta pimpinan komisi di DPR RI.

Berdasarkan laman resmi DPR, Meutya Hafid lahir di Bandung, Jawa Barat pada 3 Mei 1978. Meutya dikenal sebagai sosok jurnalis ketika meliput Pemilu Irak dan tsunami Aceh.

Bahkan, nama Meutya melejit saat mendapatkan tugas meliput pemilu di Irak bersama juru kamera Budiyanto pada Februari 2005. Kemudian, mereka disandera oleh kelompok Mujahidin Irak.





Setelah disekap dan melewati saat-saat yang menegangkan, Meutya Hafid dan Budiyanto berhasil dibebaskan tiga hari kemudian. Selanjutnya, Meutya menerbitkan buku berjudul ‘168 Jam dalam Sandera: Memoar Seorang Jurnalis yang Disandera di Irak’ pada 2007.

Di tahun yang sama, Meutya terpilih sebagai pemenang Penghargaan Jurnalistik Elizabeth O'Neill dari pemerintah Australia. Atas prestasinya itu, Meutya Hafid berhak mengikuti program tiga minggu di daerah pedalaman untuk mengembangkan pengertian dan apresiasi lebih baik terhadap isu kontemporer yang dihadapi Australia dan Indonesia.



Di dalam negeri, Meutya Hafid dinobatkan sebagai satu dari Lima Tokoh Pers Inspiratif Indonesia 2012 versi Mizan. Dia lantas terjun ke dunia politik dan menjadi anggota Partai Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara I.

Meutya Hafid mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada 2019, namun gagal. Kemudian ia maju bersama Dhani Setiawan Isma sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Binjai periode 2010 - 2015. Lagi-lagi, Meutya kalah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)