6 Kader Muhammadiyah Bakal Masuk Kabinet Prabowo, Abdul Mu'ti Menteri Dikdasmen

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:13 WIB
loading...
6 Kader Muhammadiyah...
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Dari 107 tokoh yang dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk menjadi calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan, terdapat 6 kader Muhammadiyah . Mereka dikabarkan akan mengisi sejumlah posisi di kementerian dan badan.

Diketahui, Prabowo Subianto pada Senin (14/10/2024) memanggil 49 tokoh yang disebut akan mengisi kursi menteri. Sehari berikutnya, mantan Danjen Kopassus itu memanggali 58 tokoh yang disebut akan menjadi calon wakil menteri dan kepala badan.

Dari total tokoh yang dipanggil tersebut, ada sedikitnya 6 tokoh yang merupakan kader Muhammadiyah. Siapa saja mereka? Berikut nama-namanya dan profil singkatnya.

1. Abdul Mu'ti

6 Kader Muhammadiyah Bakal Masuk Kabinet Prabowo, Abdul Mu'ti Menteri Dikdasmen

Abdul Mu'ti. Foto/Dok SINDOnews

Abdul Mu'ti saat ini menjabat Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pria kelahiran Kudus, 2 September 1968 ini sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Maka, tak heran jika dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta ini dipercaya Prabowo untuk mengurusi pendidikan dasar dan menengah.



"Tadi Pak Prabowo menyampaikan, memberikan kepada saya untuk memimpin Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah," kata Mu'ti kepada wartawan.

2. Raja Juli Antoni

6 Kader Muhammadiyah Bakal Masuk Kabinet Prabowo, Abdul Mu'ti Menteri Dikdasmen

Raja Juli Antoni. Foto/Dok SINDOnews

Raja Juli Antoni lahir pada 13 Juli 1977. Selain dikenal sebagai kader Muhammadiyah, Raja Juli juga seorang politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) 2000–2002 ini juga pernah dipercaya sebagai Direktur Eksekutif Maarif Institute yang didirikan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif.

Saat ini, Raja Juli menjabat Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia. Raja Juli kabarnya akan menjadi Menteri Kehutanan di kabinet Prabowo-Gibran.

3. Dahnil Anzar Simanjuntak

6 Kader Muhammadiyah Bakal Masuk Kabinet Prabowo, Abdul Mu'ti Menteri Dikdasmen

Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto/Dok SINDOnews

Dahnil Anzar Simanjuntak lahir pada 10 April 1982. Dahnil merupakan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah 2014-2018.

Saat ini, Dahnil merupakan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan juga menjadi Juru Bicara Prabowo. Dahnildipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10/2024). Dengan demikian, kemungkinan dia akan menjadi calon wakil menteri atau kepala badan.

4. Fajar Riza Ul Haq


Fajar Riza Ul Haq lahir pada 1 Februari 1979. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukoharjo.

Fajar saat ini menduduki jabatan Ketua Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis PP Muhammadiyah. Fajar kabarnya akan mengisi posisi jabatan di bidang pendidikan.

5. Fauzan

Fauzan adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dia menjabat sebagai Rektor UMM pada periode 2016-2020 dan 2020-2024.

Prof Fauzan fokus pada pengembangan kerja sama global. Ia memperluas jaringan UMM dengan institusi pendidikan internasional, membuka pintu bagi mahasiswa dan dosen untuk terlibat dalam kolaborasi global.

6. Dzulfikar Ahmad Tawalla


Dzulfikar Ahmad Tawalla lahir pada 28 April 1987. Jauh sebelum menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah 2023-2027, dia pernah memimpin Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Sulawesi Selatan.



Dzulfikar dipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10/2024). Dengan demikian, kemungkinan Dzulfikar menjadi calon wakil menteri atau kepala badan.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)