5 Serba-serbi Menarik Perayaan HUT ke-79 TNI, Danjen Kopassus Jadi Komandan Upacara

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 21:13 WIB
loading...
5 Serba-serbi Menarik...
Peringatan puncak HUT ke-79 TNI berlangsung di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Foto/SINDOnews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Peringatan puncak HUT ke-79 TNI berlangsung di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Pada acara ini, hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Iriana Jokowi dan cucunya, Jan Ethes.

Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas berlangsung meriah dengan kehadiran para anggota TNI dan masyarakat umum. Berikut ini sejumlah serba-serbinya yang menarik diketahui.

Serba-serbi Menarik Perayaan HUT ke-79 TNI di Monas

1. Danjen Kopassus Jadi Komandan Upacara


Mayjen TNI Djon Afriandi menjadi Komandan Upacara HUT ke-79 TNI. Ia merupakan jenderal bintang dua yang menjabat sebagai Danjen Kopassus.



Pada upacara peringatan yang digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024), ia turut memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi Inspektur Upacara. Tak hanya itu, ia ikut mendampingi Presiden Jokowi untuk melakukan pemeriksaan pasukan.

2. Presiden Jokowi Inspeksi Barisan Naik Maung Pindad


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelaksanaan upacara HUT ke-79 TNI, Sabtu (5/10/2024) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Pada salah satu agendanya, ia mengecek kesiapan petugas upacara menggunakan kendaraan Maung Pindad.

Tak sendiri, Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Agus Subiyanto. Selain itu, ada juga Komandan Upacara HUT ke-79 TNI, Mayjen Djon Afriandi, yang ikut menemaninya berkeliling memeriksa kesiapan pasukan upacara.

3. Berjalan Meriah dengan Banyak Pertunjukan


Acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI di Monas berlangsung meriah. Pada agenda rutin tahunan ini, ada banyak pertunjukan menarik yang diberikan para anggota TNI.

Rangkaian acara sendiri diawali demonstrasi udara Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Terlihat, Pesawat Udara (Pesud) Beechcraft G-36 Bonanza mengudara dengan membentuk formasi yang indah.

Sebelum penampilan tim RaLF, ada juga pesawat Cessna yang membelah langit Jakarta dengan membawa banner bertuliskan 'TNI Prima Indonesia Maju'. Pesawat itu terbang dengan rute sisi sebelah kanan Monas menuju kiri, dan sebaliknya.

Selain itu, masih banyak kemeriahan lain yang hadir pada perayaan HUT ke-79 TNI di Monas. Bukan hanya dari anggota TNI, ada juga bintang tamu yang dihadirkan dari kalangan artis dan band ternama Tanah Air.

4. Masyarakat Berkesempatan Naik Kendaraan Tempur


Sebagaimana diketahui, perayaan puncak HUT ke-79 TNI di Monas terbuka untuk umum. Maka dari itu, seluruh lapisan masyarakat diperkenankan untuk hadir dan ikut menonton.

Menariknya, ada sebagian dari mereka yang mendapat kesempatan untuk menaiki alutsista milik TNI. Tampak, mereka ikut berkeliling melintasi tempat Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin duduk dengan kegembiraan.

5. Jokowi Berikan Pesan Terakhir


Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). Momen ini bakal menjadi yang terakhir kali mengingat masa jabatannya segera habis dalam waktu dekat.

Awalnya, Jokowi menyampaikan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki dua agenda besar, yakni pelantikan presiden dan Pilkada serentak di 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi. Lalu, ia secara khusus berterima kasih kepada Menteri Pertahanan sekaligus sebagai Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pertahanan Indonesia.

Pesan terakhir itu disambut sorak sorai dan tepuk tangan meriah dari masyarakat dan tamu undangan lain hadir menyaksikan langsung perayaan HUT ke-79 TNI. Tidak lupa, Jokowi juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk TNI.

Itulah sejumlah serba-serbi menarik dari perayaan puncak HUT ke-79 TNI di Monas.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)