Jokowi Sebut Transisi Pemerintahan ke Prabowo Berjalan Baik

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 12:34 WIB
loading...
Jokowi Sebut Transisi...
Presiden Jokowi tiba di Monas menghadiri puncak perayaan HUT ke-79 TNI, Sabtu (5/10/2024). Di belakangnya Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan bahwa transisi pemerintahannya ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto berjalan dengan baik. Jokowi akan mengakhir jabatannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

"(Transisi pemerintahan) berjalan dengan baik, berjalan dengan baik. Enggak ada masalah," kata Jokowi usai menghadiri Upacara HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi mengatakan, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dia harus menyelesaikan dan mempersiapkan beberapa hal, salah satunya adalah undang-undang.



"Badan-badan perlu dipersiapkan sebelum pelantikan, saya kira undang-undang, juga bisa diselesaikan," katanya.

Bahkan, menurut Jokowi, baik Prabowo maupun Gibran, akan melanjutkan program yang telah dia dilakukan dalam dua periode pemerintahan.

"Saya kira akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang," ucapnya.

Saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI, Jokowi juga meminta TNI agar dapat menjaga stabilitas transisi pemerintahan, agar tidak ada 'riak' yang berpotensi menganggu keamanan.



"Saya minta jaga terus stabilitas dukung penuh transisi pemerintahan pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar jangan sampai ada riak yang berpotensi menganggu keamanan negara," katanya saat sambutan dalam acara tersebut.

Selain pelantikan presiden dan wakil presiden, Jokowi mengingatkan ada agenda penting yaitu Pilkada serentak 2024 pada November mendatang. Jokowi pun mengingatkan netralitas TNI selama pilkada.

"Dukung penuh penyelenggaran pilkada jaga netralitas jaga situasi agar tetap kondusif," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)