HUT ke-79 TNI, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Prabowo

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 09:04 WIB
loading...
HUT ke-79 TNI, Jokowi...
Presiden Jokowi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Danjen Kopassus selaku Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi melakukan pengecekan pasukan dalam Upacara HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). FOTO/SINDOnews/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) secara khusus berterima kasih kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada puncak HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (5/10/2024). Jokowi didaulat menjadi Inspektur Upacara.

"Saya juga secara khusus terima kasih kepada Menhan Prabowo Subianto sekaligus sebagai Persiden Terpilih yang telah meningkatkan pertahanan Indonesia," kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi menilai kinerja Prabowo sebagai Menhan sangat berpengaruh pada penguatan pertahanan negara. Mulai dari modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) hingga hubungan diplomasi global.



"Dengan moderninasi alutsista, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," sambungnya.

Ucapan terima kasih itu disambut sorak sorai dan tepuk tangan meriah, dari masyarakat yang hadir menyaksikan langsung perayaan HUT ke-79 TNI.

Tidak lupa, Jokowi juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-79 untuk TNI. Menurutnya, TNI memiliki kinerja yang sangat baik selama dua periode masa jabatannya sebagai presiden Indonesia.

"10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata TNI dalam menjaga negara, persatuan dan kesatuan stabilitas politik dan membantu mengatasi tantangan dan krisis," ucapnya.

Cek Pasukan

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Danjen Kopassus selaku Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi melakukan pengecekan pasukan. Dengan menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung V3, ketiganya memutari Monumen Nasional (Monas).

Terlihat, Jokowi memeriksa pasukan yang tergelar di seluruh bundaran Monas. Ribu personel tampak berbaris rapih sesuai dengan satuan dari matranya masing-masing.



Dimulai dengan sisi kiri panggung utama perayaan HUT ke-79 TNI, Jokowi bersama Panglima dan Danjen Kopassus mengecek satu-satu personel yang menjadi pasukan upacara.

Ketiganya berdiri di kendaraan Maung saat melakukan pengecekan pasukan dengan posisi Jokowi di depan, sementara Panglima TNI dan Danjen Kopassus di belakangnya.

Sorak sorai pun bergema ketika Jokowi melewati tenda yang disediakan untuk masyarakat. Diketahui, khalayak umum diizinkan untuk menyaksikan perayaan HUT ke-79 TNI.

"Bapakkkkkk," teriak warga yang menonton langsung upacara HUT TNI.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0760 seconds (0.1#10.140)