Indonesia Pesan Bulk Vaksin Covid-19 dari Sinovac, PKS: Tidak Berdaulat

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 10:00 WIB
loading...
Indonesia Pesan Bulk Vaksin Covid-19 dari Sinovac, PKS: Tidak Berdaulat
Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengkritik pembelian bulk atau konsentrat ready to fill (RTF) vaksin virus corona ( Covid-19 ) dari Sinovac. Pemerintah seharusnya mengutamakan bahan baku lokal dan mengedepankan industri farmasi dalam negeri.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari PKS Sukamta menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan Indonesia sebagai negara paling siap menyediakan vaksin Covid-19. Sebelumnya, pemerintah telah melakukan penandatanganan Preliminary Agreement of Purchase and Supply of Bulk Production of Covid-19 Vaccine dengan Sinovac.

"Seharusnya Bapak Presiden sedih. Perjanjian ini menunjukkan Indonesia tidak berdaulat dalam bidang farmasi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (28/8/2020).

( ).

Dia menjelaskan alasan menyebut Indonesia tidak berdaulat. Pertama, alokasi vaksin dalam jumlah besar dari perusahaan dan negara produsen itu tidak mengherankan. Sukamta mengatakan mereka melihat potensi bisnis yang menguntungkan dengan Indonesia. Indonesia membutuhkan sekitar 350 juta dosis vaksin. Anggarannya diprediksi berkisar Rp15-30 triliun.

Kedua, politikus asal Yogyakarta itu mengungkapkan sampai saat ini, Indonesia masih mengimpor 95 persen dari total kebutuhan industri dalam negeri. "Impor dari China adalah yang terbesar, mencapai 60 persen," ucapnya.

( ).

Sukamta menyoroti inkonsistensi antara kebijakan dan pernyataan pejabat mengenai masalah bahan baku industri kesehatan. Ketika awal pandemi Covid-19, menurutnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui 90 persen industri kesehatan masih impor.

"Kemudian (Erick) menyatakan ada mafia dan akan melawan. Namun, kini Pak Menteri sepertinya menelan ludahnya sendiri dengan memimpin impor bahan baku vaksin Covid-19," sindirnya.

Wakil Ketua Fraksi PKS itu menjelaskan pemerintah seharusnya bisa memanfaatkan bahan baku yang berasal dari sumber daya alam Indonesia. Syaratnya,pemerintah serius untuk mengedepankan sumber daya manusia (SDM) dan mengedepankan produk lokal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)