Pj Gubernur Jateng Ajak Generasi Z-Milenial Sukseskan Pilkada 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 16:30 WIB
loading...
Pj Gubernur Jateng Ajak...
(Foto: istimewa)
A A A
SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menilai Generasi Z dan Milenial merupakan tumpuan harapan dalam menjaga demokrasi dan memastikan jalannya Pilkada yang bebas, jujur, adil dan berintegritas.

"Oleh karena itu, mahasiswa dan para pemuda harus ikut andil sebagai relawan yang kritis terhadap setiap bentuk pelanggaran, " tegasnya saat membuka Seminar Kebangsaan dengan Tema "Sukses Pemilu vs Pilkada Serentak 2024" di Aula PKM Fakultas Hukum UNDIP Semarang, Kamis (3/10/2024).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengapresiasi penyelenggaraan Seminar yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah (Kesbangpol Jateng) bersama Undip Semarang dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak menjadi ajang demokrasi yang damai, berkualitas dan berintegritas.

"Pilkada merupakan salah satu wujud pelaksanaan nyata dari kedaulatan rakyat yang menjadi pondasi utama dalam sistem demokrasi kita. Melalui pilkada masyarakat diberikan hak untuk memilih pemimpin yang akan membawa arah masa depan bangsa," ujarnya.

Nana menyebut, Jawa Tengah cukup sukses menggelar Pemilu 2024. Hal itu bisa dilihat pada tingkat partisipasi pemilih yang melebihi target hingga mencapai angka 82 persen. Tentu hal ini bisa menjadi daya dorong suksesnya Pilkada 2024 karena masyarakat sedikit banyak sudah memiliki bekal pengetahuan dari Pemilu 2024 kemarin. Kendati demikian, ada empat kriteria yang harus dipenuhi untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang sukses.

"Kriteria yang harus dipenuhi agar Pilkada 2024 sukses antara lain pertama, adanya partisipasi masyarakat yang tinggi. Kedua, setiap tahapan Pilkada yang telah dijadwalkan KPU berjalan sukses. Ketiga, terjaganya iklim yang kondusif melibatkan peran TNI Polri dan masyarakat. Terkahir, roda pemerintahan harus berjalan dengan baik," katanya.

Pj Gubernur Jateng Ajak Generasi Z-Milenial Sukseskan Pilkada 2024

(Foto: istimewa)

Nana mengungkapkan, Pemprov Jateng juga telah mempersiapkan berbagai hal demi menyukseskan Pilkada serentak 2024.

"Pemprov Jateng turut mempersiapkan segala upaya seperti mendukung pendanaan Pilkada dalam bentuk belanja hibah, memberikan data kependudukan, membentuk desk pilkada, rakor dan sosialisasi, melakukan identifikasi kondisi sosial politik di wilayah dan upaya-upaya lainnya," imbuh Nana.

Dia juga mengingatkan peran penting generasi muda terutama mahasiswa untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Senanda dengan PJ Gubernur Jateng, Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) Prof Suharnomo juga mendorong para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif mensukseskan Pilkada Serentak 2024.

"Periodesasi pergantian kepemimpinan adalah suatu keniscayaan yang pasti terjadi. Oleh karena itu, semua pihak termasuk mahasiswa harus bisa memastikan proses dan hasil demokrasi berjalan sukses. Poinnya dua hal yaitu dengan menjaga kesejahteraan dan keadilan tetap hidup di masyarakat," ujarnya.

Prof Suharnomo menambahkan, mahasiswa menjadi KPPS atau PTPS merupakan langkah yang bagus karene dapat mengawal demokrasi.

"Mahasiswa menjadi KPPS, atau PTPS adalah hal yang bagus. Karena mengawal demokrasi harus menjadi kesadaran kita semua dan pemuda mahasiswa harus memanfaatkan hal itu sebaik-baiknya sebagimana tagline Undip Bermartabat dan Bermanfaat," katanya.

Diharapkan dengan adanya seminar ini seluruh pihak dapat mendukung terwujudnya Pilkada Serentak menjadi ajang demokrasi yang damai, berkualitas, dan berintegritas.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)