alexametrics

Sinergitas Aparat Keamanan Berhasil Jaga Kondusivitas Papua

loading...
Sinergitas Aparat Keamanan Berhasil Jaga Kondusivitas Papua
Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menganggap, kondusivitas keamanan di Papua tak lepas dari peran intelijen dan aparat keamanan TNI-Porli. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kondisi Keamanan di Papua terus berangsur membaik dan kondusif pascakerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu. Masalah keamanan memang kerap muncul setiap menjelang 1 Desember.

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menganggap, kondusivitas keamanan di Papua tak lepas dari peran intelijen dan aparat keamanan TNI-Porli yang berhasil mengantisipasi kemungkinan - kemungkinan yang terjadi jelang dan pascaperayaan HUT organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Terciptanya kondusivitas ini, tentu tidak terlepas dari peran Badan Intelijen Negara (BIN) yang berhasil dalam melakukan operasi cipta kondisi Papua aman dan damai", kata Karyono, Jumat (6/12/2019).



Karyono menilai keberhasilan BIN dalam menciptakan kondisi keamanan negara tidak terlepas dari kepemimpinan Budi Gunawan sebagai orang nomor satu di lembaga yang menjadi mata dan telinga negara.

"Terlepas suka atau tidak, sosoknya yang cool, cerdas dan berwibawa, BG telah berhasil membangun sinergi dengan institusi TNI dan Polri serta institusi lainnya untuk menciptakan situasi kemanan negara", ujar Karyono.

Karyono memaparkan, sinergisitas dan saling percaya antar institusi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menciptakan kondisi keamanan. Dalam hal ini, Kepala BIN Budi Gunawan telah memainkan peran penting.

"Berkat sinergisitas yang terbangun dengan baik, maka aparat keamanan tidak hanya berhasil memulihkan kondisi keamanan di Papua tetapi mampu menangani dan mengendalikan situasi keamanan saat pelaksanaan Pilpres 2019, pascapilpres hingga pelantikan presiden,” ucapnya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak