Survei Pilgub Sulteng Awal September: Ahmad Ali Ungguli Paslon Lain

Senin, 30 September 2024 - 14:02 WIB
loading...
Survei Pilgub Sulteng...
(Foto: istimewa)
A A A
JAKARTA - Calon Gubernur Sulawesi Tengah Ahmad Ali konsisten unggul dalam survei elektabilitas di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Survei terbaru Indikator Politik Indonesia periode Agustus - September masih menempatkan politisi Nasdem itu berada di posisi teratas.

Berdasarkan data, Ahmad Ali unggul di seluruh simulasi atas Anwar Hafid dan Rusdy Mastura. Dalam simulasi 3 pasangan antara Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri, Anwar-Reny dan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto, hasilnya pasangan Beramal (Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri) berada di urutan teratas. Kemudian, dalam simulasi 3 pasangan, Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri menempati posisi tertinggi dengan 32 persen.

Sementara itu, dalam simulasi 2 pasang antara Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri dengan Anwar-Reny, pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri juga unggul telak.

Jika dikomparasi dengan pasangan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto, pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri bahkan unggul dengan selisih angka yang sangat jauh.

Survei dilakukan pada 24 Agustus - 1 September 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sejauh ini indikator belum merilis data itu secara resmi, namun datanya telah dibocorkan dan dilihat oleh wartawan.

Hasil survei itu berbanding lurus dengan antusias dan dukungan yang ditunjukkan oleh masyarakat ketika Ahmad Ali melakukan sosialisasi di lebih dari 80 titik pertemuan sebelum memasuki masa kampanye.

Ahmad Ali selalu mendapatkan respons yang baik dari masyarakat. Tidak sedikit warga yang bertemu Ahmad Ali menitipkan harapan karena yakin calon gubernur nomor urut 1 itu bakal jadi Gubernur Sulawesi Tengah.

Dukungan dari berbagai tokoh terkemuka di Sulawesi Tengah juga memperkuat posisi Ahmad Ali untuk memenangkan Pilkada 2024 di Sulteng.

Di barisan pendukung Ahmad Ali, ada nama-nama populer seperti mantan gubernur 2 periode Longki Djanggola, politisi kawakan Arus Abdul Karim, Hidayat Lamakarate, tokoh Bugis sekaligus Ketua KKSS H Tjabani, hingga tokoh gereja di Poso Pendeta Rinaldy Damanik telah menyampaikan dukungan kepada Ahmad Ali.

Sebelumnya, indikator juga telah mengeluarkan hasil survei periode 13 - 20 Juni 2024 untuk Pilkada Sulteng. Saat itu, hasil survei juga menunjukkan Ahmad Ali berada di posisi teratas untuk memenangkan pemilihan gubernur Sulawesi Tengah.

"Jika pemilihan diadakan ketika survei dilakukan, Ahmad Ali unggul signifikan dibanding nama-nama lain sebagai calon Gubernur Sulawesi Tengah periode mendatang," ujar Direktur Eksekutif PT Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan rilisnya saat itu.

Pada simulasi pilihan calon gubernur dengan menyertakan banyak nama, dukungan terhadap Ahmad Ali sekitar 27,2 persen, Anwar Hafid 14,6 persen, Rusdy Mastura 4,9 persen, Ma’mun Amir 3,8 persen, Moh Irwan Lapatta 3,1 persen, Hidayat Lamakarate 3 persen, Abdul Karim Aljufri 2,2 persen, S U Marunduh 1,4 persen, Kasman Lassa 1,1 persen, dan Hadianto Rasyid 1 persen. Sementara nama-nama lainnya lebih rendah dukungannya.

Jika jumlah calon yang bersaing hanya empat nama, Ahmad Ali konsisten unggul signifikan dengan dukungan 33,5 persen. Disusul Anwar Hafid dengan 20,2 persen dukungan, Rusdy Mastura 9,3 persen, dan Moh Irwan Lapatta sekitar 3,9 persen.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)